Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini 4 Cara Menghilangkan Rasa Khawatir

Kekhawatiran bisa dihilangkan, dengan mengidentifikasikan asal mula penyebab rasa khawatir.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 12 September 2020  |  11:08 WIB
Cemas - hipnoterapi.com
Cemas - hipnoterapi.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kekhawatiran adalah yang normal dan acap kali dirasakan saat pandemi virus corona. Kekhawatiran bisa mengidentifikasi potensi masalah.

Namun, kekhawatiran akan menjadi masalah, jika dirasakan secara terus menerus. Kekhawatiran yang berlebihan dapat merusak kebahagiaan Anda dan menyebabkan stres kronis.

Berikut empat langkah yang dapat Anda gunakan untuk mengakhiri kekhawatiran:

1. Jelajahi asal mula kekhawatiran Anda

Satu cara untuk mengetahui apakah kekhawatiran dengan menyelidiki apakah kekhawatiran tersebut bersifat umum atau spesifik. Jika Anda mengkhawatirkan satu hal tertentu (misalnya pekerjaan, anak-anak, uang) tetapi tidak mengkhawatirkan segalanya, Anda harus mempertimbangkan untuk mengambil tindakan konstruktif untuk mengubah situasi Anda.

2. Identifikasi pola kekhawatiran unik Anda

Berikut beberapa pola pikir yang menyebabkan kekhawatiran. Beberapa orang akan menemukan bahwa mereka memiliki semua pola ini; orang lain hanya akan memiliki sedikit. Bila mengidentifikasi pikiran apa yang menyebabkan kekhawatiran maka bisa diatasi dengan mudah.

3. Hentikan kekhawatiran dengan menggerakkan tubuh Anda

Saat Anda khawatir, sistem saraf simpatik Anda diaktifkan (sistem pertarungan). Bahkan jika Anda benar-benar berhenti khawatir, bahan kimia saraf tersebut tidak akan langsung keluar dari tubuh Anda. Itulah mengapa latihan kardiovaskular dapat sangat membantu mengatasi kekhawatiran.

Olahraga mengaktifkan sistem saraf parasimpatis (dalam jangka panjang) yang mengurangi stres dan membantu menenangkan tubuh, mengembalikannya ke dasar emosi.

4. Cobalah mindfulness untuk menenangkan kekhawatiran

Langkah selanjutnya untuk berhenti mencemaskan adalah dengan mengembangkan perhatian. Dengan duduk diam, memperhatikan pikiran Anda, dan melepaskannya, perhatian dapat membantu mengarahkan kembali kekhawatiran.

Seiring berjalannya waktu, mindfulness bisa melatih pikiran untuk menenangkan tubuh agar Anda tidak terjebak dalam kekhawatiran. Untuk berlatih meditasi kesadaran, yang Anda butuhkan hanyalah tempat yang nyaman.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bahagia cemas
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top