Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Tanda Kelelahan Karena Pekerjaan

Beban kerja, politik kantor dan kolega yang toxic bisa membuat Anda sangat kelelahan menghadapinya.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 16 September 2020  |  12:22 WIB
Kelelahan - boldsky.com
Kelelahan - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Bekerja pasti terkadang membuat orang bosan dan lelah.

Beban kerja, politik kantor dan kolega yang toxic bisa membuat Anda sangat kelelahan menghadapinya.

Meskipun Anda mungkin sudah terbiasa dengan jenis stres kantor dan risiko kesehatan yang ditimbulkannya, sangat sulit untuk mengenali gejala masalah tersebut dan menghadapinya. Karena itu, dikutip dari Times of India, Rabu (16/9/2020), berikut 5 tanda kelelahan di tempat kerja dan cara mengatasinya.

1. Anda selalu kelelahan

Kelelahan adalah tanda paling terlihat dari kelelahan di tempat kerja. Tentunya, setiap lini profesional memiliki hari-hari baik dan buruk, tetapi mengingat Anda merasa lelah sepanjang waktu dan tulang-tulang Anda yang sakit paling banyak berbicara, ini berarti Anda merasa lelah dan lelah alih-alih benar-benar bekerja.

2. Tidak merasa senang dengan pekerjaan yang Dilakukan

Ketika Anda hanya bekerja untuk memenuhi target Anda dan menyelesaikan proyek dan tugas Anda demi menyelesaikannya, maka wajar jika Anda tidak akan merasakan kesenangan apa pun di tempat kerja. Tidak ada antusiasme atau keterlibatan apa pun dan sebagian besar waktu Anda sibuk menemukan makna dalam pekerjaan yang Anda lakukan.

3.Potensi dan produktivitas menurun secara bertahap

Nah, satu hal pasti mengarah ke hal lain, dan jika Anda telah berhenti menikmati pekerjaan yang Anda lakukan, maka pada akhirnya, tidak akan ada produktivitas dan Anda akan kehilangan semangat dan potensi yang Anda janjikan untuk ditampilkan pada awalnya.

4. Kelelahan secara mental

Inilah yang terjadi ketika Anda kelelahan, tidak produktif, dan kurang tertarik pada pekerjaan Anda. Lambat laun Anda merasa sangat stres dan tertekan sehingga Anda mulai kehilangan stabilitas mental dan menjadi lebih tegang.

5.Tidak ada keseimbangan antara kehidupan dan kerja

Di tengah semua kelelahan fisik dan penurunan kesehatan mental, seseorang tampaknya kehilangan keseimbangan antara kehidupan profesional dan pribadi mereka. Anda juga tidak dapat menemukan kedamaian di tempat kerja, atau menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga Anda lagi. Anda hanya merasa terbelah antara dua dunia yang sama pentingnya bagi Anda.

Bagaimana cara mengatasi kelelahan di tempat kerja?
Kelelahan di tempat kerja, seperti yang tertulis dalam namanya, dapat membuat Anda lelah dan kehilangan ketenangan pikiran. Namun ada cara untuk mengatasinya dan mencabutnya dari sistem Anda. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan jika Anda merasa tidak dapat mengatasi tekanan.

- Bicaralah dengan atasan atau kolega Anda
Ketika Anda stres di tempat kerja, masuk akal untuk melakukan percakapan yang baik dengan atasan dan kolega Anda. Anda harus menemukan cara untuk mengatasi masalah Anda. Tentunya, atasan atau rekan kerja Anda telah mengalami tahap itu dan mungkin dapat membebaskan Anda dengan cara tertentu.

- Cari bantuan profesional
Kadang-kadang, berbicara dengan orang-orang terdekat mungkin tidak cukup. Saat itulah menjadi penting untuk mencari bantuan profesional. Penting bagi Anda untuk memperlakukan kejenuhan di tempat kerja sebagai penyakit lain dan oleh karena itu, Anda harus berkonsultasi dengan penyedia kesehatan mental tentang perubahan yang Anda rasakan dalam suasana hati atau kesehatan Anda.

- Jangan memprioritaskan pekerjaan Anda daripada kesehatan Anda
Salah satu hal terpenting yang kita lupakan saat fit untuk bekerja adalah kesehatan kita. Kita sering mengabaikannya dan ketika mulai membebani kita, sudah terlambat untuk menyadarinya. Karena itu, jangan pernah berkompromi dengan kesehatan Anda. Saat Anda bekerja, selalu ingat untuk makan makanan sehat dan jangan melewatkan waktu makan.

- Istirahat sesekali
Seperti semua hal lain di dunia, otak dan tubuh kita perlu istirahat dari semua hiruk pikuk kantor. Ini tidak hanya menyegarkan pikiran kita tetapi juga membuat kita merasa seperti orang yang benar-benar baru. Mungkin perjalanan petualangan singkat atau liburan yang damai bisa membantu. Ini akan mengalihkan kita dari semua ketegangan terkait kantor dan mengangkat kita secara positif.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perkembangan mental anak Tips Karir
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top