Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kemenkes Klaster Covid-19, Begini Komentar Dekan FK UI

Menanggapi hal tersebut, Dekan FKUI Ari Fahrial Syam mengatakan jika kemenkes memang berisiko cukup tinggi karena berinteraksi langsung di lapangan dengan masyarakat.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 17 September 2020  |  20:40 WIB
Dr Ari Syahrial Syam - PB Pegi
Dr Ari Syahrial Syam - PB Pegi

Bisnis.com, JAKARTA - Penularan covid-19 di lingkungan kantor pemerintahan telah membuat klaster sendiri, dimana di Kemenkes mencatat kasus terbanyak.

Menanggapi hal tersebut, Dekan FKUI Ari Fahrial Syam mengatakan jika kemenkes memang berisiko cukup tinggi karena berinteraksi langsung di lapangan dengan masyarakat.

Semisal, dokter dan tenaga kesehatan yang langsung memeriksa pasien, dan staf surveyor yang mentracing orang dengan kemungkinan terinfeksi covid-19.

Selain itu, katanya, interaksi antar staf atau pegawai pun tinggi. Pasalnya, mereka adalah salah satu kantor pemerintahan yang tetap melayani selama pandemi. 

"Interaksi antar mereka tinggi, mungkin juga karena sudah lelah, buka masker, minum dan temannya juga begitu, jadi bisa terjadi penularan," ujarnya dalam diskusi via instagram Kamis (17/09).

Ari juga sudah menekankan memang mereka yang bekerja di sektor kesehatan seperti dokter, nakes dan di Kemenkes  yang paling berisiko terinfeksi karena langsung bertemu pasien dan suspek.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengidentifikasi hingga Kamis (17/9/2020) yang diungkapkan melalui laman resmi https://corona.jakarta.go.id/id/data-visualisasi, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memiliki kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 188 orang.

Perinciannya, Kemenkes mencatat jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 139 orang. Sisanya, Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan mencatatkan jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 49 orang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkes Virus Corona
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top