Berkumur
Health

Kanada Terapkan Tes Covid-19 dari Berkumur dan Meludah, Pertama di Dunia

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 20 September 2020 - 14:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pejabat kesehatan Kanada telah mengumumkan tes virus corona baru melalui cara berkumur dan meludah.

Dalam tes yang jauh lebih tidak invasif, pasien menggunakan larutan garam untuk "berkumur, dan meludah," dilansir dari foxnews.

Tes ini adalah yang pertama di dunia, dan dapat memberikan cara yang lebih mudah untuk menguji populasi massal dalam upaya untuk kembali normal.

“Tidak seperti usap nasofaring, ini adalah obat kumur saline baru di mana Anda memasukkan sedikit air garam normal ke dalam mulut Anda, Anda berkumur dan Anda meludahkannya ke dalam tabung kecil. Dan itu cara yang lebih mudah untuk mengumpulkannya, "kata Dr. Bonnie Henry, dokter top British Columbia.

Pusat Pengendalian Penyakit British Columbia meluncurkan tes baru, awalnya ditujukan untuk anak-anak tetapi mungkin bisa untuk penggunaan orang dewasa juga. Henry mengatakan pemerintah berencana untuk meluncurkan tes ke semua situs yang tersedia, tetapi tidak memerlukan profesional kesehatan untuk melakukannya, Global News melaporkan.

“Ini cara yang lebih mudah untuk mengumpulkannya bagi kaum muda,” kata Henry. "Kami ingin menyediakannya untuk semua orang, tetapi saat ini fokusnya adalah pada anak-anak karena alasan persediaan."

Pemerintah yakin tes tersebut akan memungkinkan sekolah untuk mengembalikan siswanya ke kehadiran tatap muka dengan aman lebih cepat daripada nanti.

Pengujian yang mudah itu menarik, tetapi pengujian itu sendiri mungkin tidak memenuhi standar. Dr Mel Krajden, direktur medis untuk Pusat Pengendalian Penyakit BC, memperingatkan.

Sampel air liur tidak konsisten dibandingkan dengan jenis sampel lainnya, menurut CBC.

"Apa yang perlu kita pikirkan adalah campuran tes apa yang terbaik dan bagaimana tes tersebut dipasok dengan baik?" Krajden berkata. "Anda ingin memiliki keseimbangan yang tepat antara kenyamanan dan kepekaan."

Secara khusus, konsistensi air liur bervariasi, sehingga sulit untuk mendapatkan sampel berkualitas tinggi. Konsistensi adalah kuncinya, menurut Krajden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro