Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Alasan Stafsus Milenial Pernah Ikut Klub Komedi di Amerika Serikat

Untuk meningkatkan kepercayaan diri, Ayu Kartika Dewi menantang dirinya sendiri untuk bergabung dalam grup komedi di kampusnya.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 21 September 2020  |  18:38 WIB
Ayu Kartika Dewi pernah ikut klub komedi. - Instagram @ayukartikadewi
Ayu Kartika Dewi pernah ikut klub komedi. - Instagram @ayukartikadewi

Bisnis.com, JAKARTA – Berkesenian ternyata membantu seseorang untuk meningkatkan rasa percaya diri dan menstimulus otak menjadi lebih imajinatif.

Menurut Staf Khusus Presiden RI dari golongan milenial, Ayu Kartika Dewi mengatakan seni merupakan ajang yang positif dalam membuat seseorang menjadi lebih percaya diri. Hal ini berangkat dari pengalamannya sendiri saat melalui proses pendidikan pasca sarjana di Amerika Serikat.

“Saya pernah melalui masa titik terendah dalam hidup saat dua tahun kehidupan saya di US. Saya struggling secara akademis, dan juga pergaulan,” ujar Ayu dalam seminar bersama Koalisi Senin, Senin (21/9/2020).

Sebelum berangkat ke Amerika, Ayu memang sudah berkemampuan dalam memainkan beberapa alat musik antara lain; biola, gitar, dan piano. Di tengah menurunnya kepercayaan diri akibat masalah dengan pergaulan dan kehidupan akademisi di Amerika yang sangat sulit, Ayu menantang dirinya sendiri untuk bergabung dalam grup komedi di kampusnya.

Menurut Ayu, jika dia berhasil survive dalam grup komedi dan berkesenian, maka kepercayaan dia akan meningkat sehingga dia pun mampu menuntaskan sejumlah tugas-tugas akademik yang menuntutnya untuk kuat dalam berdaya pikir dan membuat persentasi di depan kelas.

“Saya coba belajar dan memang improvisasi yang saya dapatkan melalui komedia itu membantu saya survive, self confidence saya pun meningkat,” katanya.

Kondisi ini diakui oleh pendiri Yayasan Sabang Merauke sebagai caya yang efektif. Pasalnya, komedi sebagai sarana berkesenian membantu dia untuk melatih otak, khususnya untuk merespon sejumlah improvisasi konten lawak yang dilemparkan lawan main secara spontan di atas panggung.

Berangkat dari kesadaran itu, Ayu pun mencoba mengarahkan Indika Foundation sebagai yayasan yang fokus pada kampanye nilai pluralisme untuk mengambil jalur seni dalam mengajarkan pentingnya toleransi dan keberagaman di Indonesia. Melalui seni, Ayu yakin Indika Foundation bisa menyebarkan pemahaman soal empati dan simpati terhadap sesama manusia di bumi Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Staf Khusus Presiden Jokowi generasi milenial
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top