Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Batas Maksimal Konsumsi Kopi yang Aman, Terutama untuk Penderita Maag

Biasanya, penderita sakit lambung baik itu gerd, gastritid dan masalah lambung lainnya akan mengalami efek yang akan menganggu kenyamanan tubuhnya.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 24 September 2020  |  20:10 WIB
Ilustrasi kopi - bisnis.com
Ilustrasi kopi - bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kopi, dikenal sebagai salah satu minuman "musuh" bagi mereka yang memiliki masalah lambung.

Biasanya, penderita sakit lambung baik itu gerd, gastritid dan masalah lambung lainnya akan mengalami efek yang akan menganggu kenyamanan tubuhnya.

Dekan FKUI Ari Fahrial Syam mengatakan alasan kopi bisa memicu masalah lambung, karena kopi mengandung kafein yang bisa memicu asam lambung naik.

"Meskipun ada klaim yang menyebutkan kopi itu tidak mengandung acid. Karena kafein lah yang memicu asam lambung juga," ujarnya.

Dia mengatakan ada takaran maksimal seseorang bisa mengonsumsi kopi yakni sebanyak 400 cc atau maksimal tiga gelas sehari.

Khusus untuk penderita lambung, konsumsi kopi diperbolehkan asalkan saat tidak kambuh. Karena akan memperburuk kondisi. "Boleh asalkan jangan minum ketika refluks sedang naik," ujarnya.

Menurutnya, kafein berlebihan juga bisa menimbulkan jantung berdebar untuk penderita lambung dan hipertensi, dan bahkan berdampak buruk pada penderita diabetes karena kandungan gula dan kalori di dalamnya.

Semakin tinggi kadar kafein, maka semakin besar juga potensi peningkatan asam lambung. Terutama jenis kopi hitam.

Karena itu, menurutnya kopi susu akan lebih aman dikonsumsi oleh penderita lambung karena susu membantu melapisi kadar kafein agar tidak terlalu kuat.

Selain itu, tidak disarankan juga kopi dicampur dengan jahe, karena jahe termasuk fakto agresif bagi beberapa penderita lambung.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kopi asam lambung
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top