Ilustrasi kopi/bisnis.com
Health

Ini Batas Maksimal Konsumsi Kopi yang Aman, Terutama untuk Penderita Maag

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 24 September 2020 - 20:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kopi, dikenal sebagai salah satu minuman "musuh" bagi mereka yang memiliki masalah lambung.

Biasanya, penderita sakit lambung baik itu gerd, gastritid dan masalah lambung lainnya akan mengalami efek yang akan menganggu kenyamanan tubuhnya.

Dekan FKUI Ari Fahrial Syam mengatakan alasan kopi bisa memicu masalah lambung, karena kopi mengandung kafein yang bisa memicu asam lambung naik.

"Meskipun ada klaim yang menyebutkan kopi itu tidak mengandung acid. Karena kafein lah yang memicu asam lambung juga," ujarnya.

Dia mengatakan ada takaran maksimal seseorang bisa mengonsumsi kopi yakni sebanyak 400 cc atau maksimal tiga gelas sehari.

Khusus untuk penderita lambung, konsumsi kopi diperbolehkan asalkan saat tidak kambuh. Karena akan memperburuk kondisi. "Boleh asalkan jangan minum ketika refluks sedang naik," ujarnya.

Menurutnya, kafein berlebihan juga bisa menimbulkan jantung berdebar untuk penderita lambung dan hipertensi, dan bahkan berdampak buruk pada penderita diabetes karena kandungan gula dan kalori di dalamnya.

Semakin tinggi kadar kafein, maka semakin besar juga potensi peningkatan asam lambung. Terutama jenis kopi hitam.

Karena itu, menurutnya kopi susu akan lebih aman dikonsumsi oleh penderita lambung karena susu membantu melapisi kadar kafein agar tidak terlalu kuat.

Selain itu, tidak disarankan juga kopi dicampur dengan jahe, karena jahe termasuk fakto agresif bagi beberapa penderita lambung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro