Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

6 Cara Menciptakan Kesan Positif di Hari Pertama Kerja

Kesan pertama akan selalu diingat siapapun ketika mereka pertama kali bertemu orang lain. Jadi, Anda tidak ingin atasan Anda mengingat Anda sebagai pribadi yang kurang baik bukan?
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 01 Oktober 2020  |  14:29 WIB
Ilustrasi - Youtube
Ilustrasi - Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Pentingnya kesan pertama saat bertemu siapapun termasuk saat hari pertama kerja harus terus dilakukan semua orang.

Ini agar memberikan kesan positif atasan ataupun rekan kerja pada pertemuan pertama mereka dengan Anda.

Kesan pertama akan selalu diingat siapapun ketika mereka pertama kali bertemu orang lain. Jadi, Anda tidak ingin atasan Anda mengingat Anda sebagai pribadi yang kurang baik bukan?

Dikutip dari Times of India, Kamis (1/10/2020), ada beberapa cara bagaiamana Anda mendapatkan kesan pertama yang positif di kantor baru Anda.

1. Berpakaian secara profesional

Hal pertama yang pertama, jangan pernah meremehkan pentingnya berpakaian dengan bena. Cara Anda berpakaian akan berdampak pada orang lain. Kesan pertama Anda akan selalu tentang penampilan Anda di tempat kerja. Jadi pilihlah pakaian terbaik Anda.

2. Tunjukkan sikap positif

Tidak ada yang lebih berhasil selain bersikap positif untuk membuat kesan pertama yang baik. Antusiasme Anda untuk menjadi bagian dari tim harus berbicara sendiri. Tinggalkan semua masalah pribadi Anda di luar pekerjaan dan berkonsentrasilah untuk menjadi bersemangat dan bahagia tentang pekerjaan baru.

3. Hafalkan nama rekan kerja Anda dengan cepat

Tidak ada yang mengharapkan Anda untuk mengingat nama setiap orang di perusahaan tepat di awal pekerjaan baru. Tetapi jika Anda mempelajari nama-nama anggota tim Anda dengan cepat, itu pasti akan membuat rekan-rekan Anda terkesan. Juga, pastikan Anda menggunakan nama mereka beberapa kali dalam sehari agar mereka memperhatikan bahwa Anda memiliki ingatan yang baik dengan mereka.

4. Minta bantuan atau ajukan pertanyaan

Sangat penting bagi Anda untuk mengajukan pertanyaan atau meminta bantuan. Anda akan menangani pekerjaan baru, format baru, orang baru. Jangan ragu untuk bertanya atau mencari bantuan dari seseorang. Faktanya, jika Anda mengajukan pertanyaan, mereka akan tahu bahwa Anda ingin melakukan pekerjaan Anda dengan cara yang benar dan tidak hanya membuat kesalahan dan membuang waktu.

5. Inisiatif

Dalam kebanyakan situasi, Anda akan diberi sedikit pekerjaan di awal pekerjaan baru. Tugas Anda kemudian mulai mengambil inisiatif dan memulai dengan lebih banyak tugas. Ini akan membuat Anda terlihat bertanggung jawab dan cukup dewasa untuk mengatur waktu kantor Anda dengan baik.

6. Hindari Bergosip

Semua orang suka bergosip dan selalu ada orang yang menikmati politik kantor. Menahan diri dari keduanya. Mungkin terdengar menggoda tetapi kendalikan dorongan untuk terlibat dalam gosip atau politik kantor. Ini tidak akan memberi kesan yang baik pada rekan kerja Anda. Jaga diri Anda tetap netral selama Anda bisa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

profesional Tips Karir
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top