Tes swab untuk memeriksa virus corona (Covid-19) di rongga hidung./istimewa
Health

Duh, Seorang Perempuan Alami Infeksi Berat Usai Jalani Swab Tes Covid-19

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 4 Oktober 2020 - 10:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang perempuan di Inggris dilaporkan mengalami infeksi yang mengancam nyawanya usai menjalani tes swab Covid-19.

Kondisi perempuan itu dilaporkan menyebabkan cukup langka dan tidak terdiagnosis.

Wanita berusia 40-an itu, menerima tes usap hidung yang dikatakan telah menusuk lapisan otaknya, menyebabkan cairan bocor dari hidungnya dan membuatnya mengalami infeksi yang bisa mematikan, ujar Jarret Walsh, seorang otolaryngologist, melaporkan dalam jurnal medis JAMA Otolaryngology-Head & Neck Surgery, dilansir dari Foxnews.

Menurut dokter, kondisi itu dimungkinkan karena pasien menjalankan tes dengan prosedur yang tidak benar.

Wanita itu menjalani tes hidung COVID-19 sebelum operasi hernia elektif dan kemudian menunjukkan cairan bening yang keluar dari satu sisi hidungnya, menurut laporan itu. Dia juga mengalami gejala termasuk sakit kepala, leher kaku, muntah dan sensitif terhadap cahaya, jelas Walsh.

Dokter mengeringkan beberapa cairan menggunakan shunt, tetapi itu mengakibatkan cacat di dasar tengkorak yang disebut encephalocele, yang menurut laporan tersebut, membuat lapisan otaknya menonjol ke hidung yang berisiko pecah. 

Wanita yang tidak disebutkan identitasnya itu saat ini memang sudah sembuh. Namun, jika kondisi seperti itu tidak diobati, dokter mengatakan dia bisa mengembangkan infeksi yang berpotensi fatal dari bakteri.

Dokter menekankan bahwa orang yang pernah operasi sinus atau tengkorak harus meminta tes COVID-19 oral jika mereka mampu.

"Ini menggarisbawahi perlunya pelatihan yang memadai bagi mereka yang melakukan tes dan perlunya kewaspadaan setelah tes dilakukan," Dennis Kraus, spesialis telinga, hidung dan tenggorokan di rumah sakit Lenox Hill Hospital yang berbasis di New York City menegaskan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro