Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengapa Penting Menjaga Jarak saat Pandemi? Begini Penjelasannya

Dalam menjaga jarak, WHO menyarankan setidaknya 1 meter dengan orang lain. Lantas, mengapa harus menjaga jarak dengan orang lain di masa pandemi ini?
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 04 Oktober 2020  |  17:29 WIB
Mengapa Penting Menjaga Jarak saat Pandemi? Begini Penjelasannya
Sebuah pesan mengingatkan orang-orang untuk menjaga jarak dengan sesama, ditulis di aspal jalan di luar sebuah pub di London, Inggris, Jumat (27/3/2020). - Bloomberg/Hollie Adams
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjaga jarak menjadi salah satu program 3 M yang bertujuan menekan penularan Covid-19 selain memakai masker dan mencuci tangan menggunakan sabun.

Dalam menjaga jarak, WHO menyarankan setidaknya 1 meter dengan orang lain. Lantas, mengapa harus menjaga jarak dengan orang lain di masa pandemi ini?

WHO menyatakan orang dapat tertular Covid-19 dari orang lain yang terinfeksi virus ini. Virus corona dapat menyebar terutama dari orang ke orang melalui percikan-percikan dari hidung atau mulut yang keluar saat orang yang terinfeksi batuk, bersin atau berbicara.

Percikan-percikan ini relatif berat, perjalanannya tidak jauh dan jatuh ke tanah dengan cepat. Orang dapat terinfeksi Covid-19 jika menghirup percikan orang yang terinfeksi virus ini.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain. Selain itu, lebih baik menghindari pergi ke tempat-tempat ramai.

Mengapa? Karena ketika orang-orang berkumpul bersama dalam kerumunan, Anda memiliki kemungkinan untuk melakukan kontak erat dengan orang yang terinfeksi Covid-19 dan lebih sulit untuk menjaga jarak fisik minimal 1 meter.

Tak hanya itu, percikan-percikan yang membawa virus dapat menempel di benda dan permukaan lainnya di sekitar orang seperti meja, gagang pintu, dan pegangan tangan.

Orang dapat terinfeksi dengan menyentuh benda atau permukaan tersebut, kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulut mereka.

Inilah sebabnya penting untuk mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air bersih mengalir, atau membersihkannya dengan cairan antiseptik berbahan dasar alkohol. WHO pun terus mengkaji perkembangan penelitian tentang cara penyebaran Covid-19 dan akan menyampaikan temuan-temuan terbaru.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

who Virus Corona Protokol Pencegahan Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top