Pria berjenggot/Istimewa
Health

Ini Cara Merawat Jenggot Saat Menggunakan Masker

Krizia Putri Kinanti
Senin, 5 Oktober 2020 - 13:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Krisis Covid-19 jelas membawa perubahan tak terbatas dalam gaya hidup dan masker berada di urutan teratas. Pemakaian masker secara terus menerus bisa menyebabkan iritasi kulit, ruam merah dan bekas luka pada kulit sensitif.

Dikutip dari News18, Senin (5/10/2020), Pria lebih rentan mengalami masalah kulit saat memakai masker karena adanya jenggot. Selain itu, masker bisa menimbulkan lebih banyak masalah. Lapisan rambut di bawah masker bisa menjadi sangat berantakan dan menyebabkan masalah kulit. Selain itu, masker tidak pas karena jenggot dan meninggalkan ruang bagi kuman untuk keluar dan masuk ke hidung dan mulut Anda.

Jadi, pertahankan panjang rambut jenggot sependek mungkin untuk menghindari virus masuk ke tubuh Anda. Lalita Arya, Vice President Dermapuritys membagikan beberapa tip untuk melindungi jenggot dari topeng:

1. Jika Anda memiliki jenggot yang lebat atau panjang, pastikan Anda mengeringkan jenggot dengan benar, karena kelembapan yang disebabkan masker dapat membuat kulit gatal dan bahkan menyebabkan jenggot berketombe. Selalu cuci setelah pemakaian masker karena dapat menyebabkan jerawat & ruam kulit.

 2. Jangan lupa untuk membersihkan jenggot Anda dan oleskan losion SPF yang baik sebelum memakai masker. Hindari memakai minyak apapun sebelum memakai masker selama cuaca panas dan lembab ini karena dapat membuat dokter hewan berminyak dan tidak nyaman.

3. Inilah saatnya Anda harus meninggalkan kebiasaan mengusap janggut karena bisa saja menyebarkan kuman dan virus ke dekat mulut Anda dengan membiarkannya menetap di jenggot. Menyisir jenggot Anda juga penting untuk membuatnya tidak terikat & tidak membuat Anda tidak nyaman.

4. Gunakan masker katun bernapas agar nyaman pergi. Seseorang harus memilih masker sekali pakai dan kemudian membuangnya dengan benar setelah digunakan karena ringan untuk ditangani oleh jenggot. Biarkan jenggot Anda bernapas untuk menghindari iritasi.

5. Jika Anda memutuskan untuk bercukur, kulit Anda akan membutuhkan perhatian ekstra, yaitu membersihkan dan melembabkan wajah Anda sebelum memakai masker dan serta menyegarkan kulit setelah melepas masker. Jika Anda memiliki alergi atau infeksi kulit yang sudah ada sebelumnya, Anda harus menggunakan pembersih ringan untuk menjaga jenggot Anda tetap lembab dan bersih.

6. Jangan lupa untuk membersihkan masker setiap kali Anda memakainya. Saat ini masker wajah telah menjadi hal baru yang biasa. Kita tidak bisa keluar dari rumah kita tanpa memakai topeng. Sudah menjadi tanggung jawab kami sebelumnya untuk menjaga jenggot tetap terlindungi. Padahal mencukur jenggot masih merupakan pilihan terbaik untuk menjaga diri Anda tetap aman saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro