Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Cara Merawat Jenggot Saat Menggunakan Masker

Anda bisa menggunakan masker katun pada wajah, untuk menjaga kulit sensitif tempat jenggot tumbuh.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 05 Oktober 2020  |  13:12 WIB
Pria berjenggot - Istimewa
Pria berjenggot - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Krisis Covid-19 jelas membawa perubahan tak terbatas dalam gaya hidup dan masker berada di urutan teratas. Pemakaian masker secara terus menerus bisa menyebabkan iritasi kulit, ruam merah dan bekas luka pada kulit sensitif.

Dikutip dari News18, Senin (5/10/2020), Pria lebih rentan mengalami masalah kulit saat memakai masker karena adanya jenggot. Selain itu, masker bisa menimbulkan lebih banyak masalah. Lapisan rambut di bawah masker bisa menjadi sangat berantakan dan menyebabkan masalah kulit. Selain itu, masker tidak pas karena jenggot dan meninggalkan ruang bagi kuman untuk keluar dan masuk ke hidung dan mulut Anda.

Jadi, pertahankan panjang rambut jenggot sependek mungkin untuk menghindari virus masuk ke tubuh Anda. Lalita Arya, Vice President Dermapuritys membagikan beberapa tip untuk melindungi jenggot dari topeng:

1. Jika Anda memiliki jenggot yang lebat atau panjang, pastikan Anda mengeringkan jenggot dengan benar, karena kelembapan yang disebabkan masker dapat membuat kulit gatal dan bahkan menyebabkan jenggot berketombe. Selalu cuci setelah pemakaian masker karena dapat menyebabkan jerawat & ruam kulit.

 2. Jangan lupa untuk membersihkan jenggot Anda dan oleskan losion SPF yang baik sebelum memakai masker. Hindari memakai minyak apapun sebelum memakai masker selama cuaca panas dan lembab ini karena dapat membuat dokter hewan berminyak dan tidak nyaman.

3. Inilah saatnya Anda harus meninggalkan kebiasaan mengusap janggut karena bisa saja menyebarkan kuman dan virus ke dekat mulut Anda dengan membiarkannya menetap di jenggot. Menyisir jenggot Anda juga penting untuk membuatnya tidak terikat & tidak membuat Anda tidak nyaman.

4. Gunakan masker katun bernapas agar nyaman pergi. Seseorang harus memilih masker sekali pakai dan kemudian membuangnya dengan benar setelah digunakan karena ringan untuk ditangani oleh jenggot. Biarkan jenggot Anda bernapas untuk menghindari iritasi.

5. Jika Anda memutuskan untuk bercukur, kulit Anda akan membutuhkan perhatian ekstra, yaitu membersihkan dan melembabkan wajah Anda sebelum memakai masker dan serta menyegarkan kulit setelah melepas masker. Jika Anda memiliki alergi atau infeksi kulit yang sudah ada sebelumnya, Anda harus menggunakan pembersih ringan untuk menjaga jenggot Anda tetap lembab dan bersih.

6. Jangan lupa untuk membersihkan masker setiap kali Anda memakainya. Saat ini masker wajah telah menjadi hal baru yang biasa. Kita tidak bisa keluar dari rumah kita tanpa memakai topeng. Sudah menjadi tanggung jawab kami sebelumnya untuk menjaga jenggot tetap terlindungi. Padahal mencukur jenggot masih merupakan pilihan terbaik untuk menjaga diri Anda tetap aman saat ini.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertumbuhan kulit masker
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top