Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Perang Armenia-Azerbaijan Berlanjut Libatkan Roket dan Rudal Tochka

Kementerian Pertahanan Armenia melaporkan bahwa pasukan Azerbaijan telah menembakkan roket ke Stepanakert dan Shushi dengan intensitas tinggi.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 06 Oktober 2020  |  08:31 WIB
Rudal Taurus andalan Korea Selatan - Istimewa
Rudal Taurus andalan Korea Selatan - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Armenia dan Azerbaijan melanjutkan perang hingga hari kesembilan di wilayah sengketa Nagorno-Karabakh dan kedua negara saling menyalahkan karena menargetkan kota-kota penting dan membahayakan nyawa warga sipil.

Pertempuran meluas setelah kedua pihak mengabaikan seruan internasional yang semakin meningkat untuk gencatan senjata. Sedangkan Azerbaijan menekankan bahwa Turki harus terlibat dalam setiap langkah untuk mengakhiri konflik.

Pusat informasi yang dikelola pemerintah Armenia merilis rekaman yang menunjukkan serangan artileri oleh pasukan Azerbaijan pada Minggu di kota Stepanakert. Otoritas Armenia mengklaim jatuhnya korban sipil akibat serangan hari Minggu itu.

Video tersebut menunjukkan bangunan yang rusak parah, termasuk blok apartemen, dan jalan yang dipenuhi puing-puing. Bernard Smith dari Al Jazeera meninggalkan Stepanakert pada Minggu malam karena "pemboman hebat", yang katanya menewaskan lima warga sipil. Sejauh ini dilaporkan telah ratusan orang tewas dari kedua pihak.

"Kami diberitahu oleh orang-orang yang masih di Stepanakert bahwa pengeboman telah dimulai pagi ini," katanya, melaporkan dari kota Goris di Armenia.

Kementerian pertahanan Armenia melaporkan bahwa pasukan Azerbaijan telah menembakkan roket ke Stepanakert dan Shushi dengan intensitas tinggi.

"Pertempuran sengit sedang berlangsung," menurut kementerian tersebut kemarin seperti dikutip Aljazeera.com, Selasa (6/10/2020).

Anna Naghdalyan, juru bicara kementerian luar negeri Armenia, mengatakan pada bahwa Stepanakert "terus menerus diserang oleh angkatan bersenjata Azerbaijan dengan amunisi ganda".

Sedangkan Kementerian Pertahanan Azerbaijan menyatakan pasukan Armenia menembaki tiga kotanya, yakni Beylagan, Barda, dan Terter  setelah menyerang Ganja dan Mingecevir, kota terbesar kedua dan keempat di negara itu.

Hikmet Hajiyev, kepala Departemen urusan Kebijakan Luar Negeri Azerbaijan, menyatakan bahwa empat rudal balistik Tochka telah diluncurkan di Mingecevir, yang memiliki populasi lebih dari 100.000 orang dan terletak 100 km (62 mil) dari perbatasan Armenia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perang armenia

Sumber : Aljazeera.com

Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top