Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cari Lagu Lewat Potongan Lirik di Fitur Baru Spotify

Spotify meluncurkan fitur terbarunya untuk mencari lagu menggunakan potongan lirik yang diketahui.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 06 Oktober 2020  |  11:37 WIB
Spotify - Reuters/Christian Hartmann
Spotify - Reuters/Christian Hartmann

Bisnis.com, JAKARTA - Mungkin tak sedikit dari Anda yang pernah merasakan momen yang satu ini. Tak sengaja mendengarkan sebuah lagu di tempat umum atau radio kemudian menyukainya dan ingin memutar ulang.

Namun, Anda tidak tahu judul atau siapa penyanyi dari lagu tersebut. Anda hanya mengetahui potongan lirik yang tentunya tak banyak membantu, terlebih jika potongan liriknya mirip-mirip dengan lagu atau kata-kata umum.

Permasalahan tersebut tampaknya sudah teratasi. Karena belum lama ini Spotify meluncurkan fitur terbarunya yang memungkinkan Anda mencari lagu menggunakan potongan lirik yang diketahui.

Melansir The Verge pada Selasa (6/10/2020), fitur tersebut untuk saat ini sudah tersedia bagi pengguna Spotify di platform Android maupun iOS. Belum ada informasi lebih lanjut kapan fitur tersebut hadir bagi pengguna yang mengakses layanan lewat peramban di komputer meja (desktop) atau laptop.

Fitur ini tampaknya cukup mudah digunakan. Anda cukup mengetikkan beberapa lirik ke dalam kotak pencarian, kemudian Spotify akan menampilkan lagu yang cocok.

Lagu yang mungkin Anda cari akan memiliki tag "Kecocokan lirik", seperti yang Anda lihat di cuitan dari desainer Spotify Lin Wang di akun Twitter-nya @linafab pada Senin (5/10/2020).

"Tim saya baru saja mengirimkan sesuatu di iOS dan Android -sekarang Anda dapat menemukan lagu dengan lirik di Spotify," demikian cuitannya.

Fitur yang dihadirkan oleh Spotify ini sebenarnya bukanlah hal yang benar-benar baru. Fitur serupa sudah diluncurkan sejak 2018 oleh Apple bagi pengguna Apple Music.

Kemudian fitur ini bukan satu-satunya fitur terkait lirik yang ditambahkan Spotify baru-baru ini. Perusahaan tersebut memperkenalkan lirik waktu nyata yang disediakan oleh Musixmatch ke 26 pasar pada bulan Juni.

Fitur itu juga merupakan fitur mengejar ketinggalan untuk Apple Music, yang menambahkan lirik real-time bersamaan dengan rilis iOS 13 tahun lalu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

musik lagu Spotify
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top