Seorang pria menuangkan cairan medis di hadapan seorang demonstran yang terkena dampak gas air mata selama berlangsungnya protes anti-pemerintah di Nassiriya, Irak 26 Januari 2020./Reuters
Health

Ini Cara Menghilangkan Efek Gas Air Mata

Novita Sari Simamora
Jumat, 9 Oktober 2020 - 07:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk membubarkan aksi demonstrasi, biasanya  polisi akan menembakkan gas air mata secara melambung ke atas, agar tepat jauh ke demonstran.

Tak bisa dipungkiri gas air mata menjadi senjata yang  ampuh bagi polisi untuk membubarkan dan mengontrol situasi. Saat gas air mata ditembakkan, tanpa disadari demonstran sudah terkena gas tersebut.

Bahkan sebagian demonstran juga terkena gas air mata tanpa disadari. Gas air mata mengandung bahan aktif, seperti chloroacetophenone (CN) dan chlorobenzylidenemalononitrile (CS).

Lakukan beberapa langkah di bawah ini, jika Anda terpapar gas air mata:

1. Minimalkan gas air mata yang terhirup

Jika ada gas air mata di dekat Anda, usahakan untuk meminimalkan gas yang terhirup. Tutup rapat-rapat hidung dan mulut Anda, lalu segera lari ke tempat aman yang jauh dari lokasi penembakan gas air mata. Jika kebetulan Anda membawa masker, segera kenakan.

Jangan ragu untuk minta pertolongan pertama kepada petugas kesehatan yang sedang bertugas di lapangan apabila Anda mengalami sesak napas.

2. Basuh pakaian dan bagian tubuh yang terkena gas air mata

Setelah Anda menjauh dari lokasi ditembakkannya gas air mata, periksa pakaian dan tubuh Anda. Jika pakaian atau kulit Anda terkena gas air mata, segera basuh dengan air bersih dan sabun. Cara ini dapat melindungi Anda dan orang sekitar dari kontaminasi gas air mata yang menempel di baju dan badan Anda.

Jika gas mengenai mata, segera basuh dengan cara mengaliri air bersih ke mata selama 10-15 menit. Hindari menggosok mata agar tidak bertambah perih. Jika Anda mengenakan lensa kontak, lepas dan jangan menggunakannya kembali.

Sedangkan jika Anda mengenakan kacamata, basuhlah dengan air dan sabun hingga bersih sebelum digunakan kembali.

3. Ganti pakaian

Pakaian yang terkena gas air mata harus segera dilepas dan diganti. Khusus untuk baju yang dilepas melewati kepala, dianjurkan untuk mengguntingnya.

Jika Anda membantu orang lain melepas pakaiannya, berhati-hatilah agar tidak menyentuh bagian yang terkena gas air mata.

Pisahkan pakaian yang terkena gas air mata saat Anda mencucinya. Jika kontaminasi gas cukup parah dan sulit dihilangkan, masukkan pakaian tersebut ke dalam plastik, kemudian buang ke tempat pembuangan sampah B3 (bahan berbahaya dan beracun).

4. Mandi

Segera mandi untuk membersihkan tubuh Anda dari sisa-sisa gas air mata yang mungkin masih menempel di kulit. Bilas seluruh tubuh, termasuk rambut, menggunakan air dari pancuran atau shower. Jangan mandi dengan cara berendam, untuk menghindari kontaminasi lanjutan dari gas air mata yang bercampur dengan air bathtub.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Alodokter
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro