Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cara Sederhana Mengelola Stres

Stres bisa meningkatkana nafsu makan dan meningkatkan berat badan. Ini bisa dikelolah dengan beberapa cara sederhana.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 12 Oktober 2020  |  15:41 WIB
Salah satu peserta 'Yoga por la paz' atau Perdamaian Melalui Yoga melakukan pemanasan di sela-sela KTT G20 -  Reuters/Andres Martinez Casares
Salah satu peserta 'Yoga por la paz' atau Perdamaian Melalui Yoga melakukan pemanasan di sela-sela KTT G20 - Reuters/Andres Martinez Casares

Bisnis.com, JAKARTA -- Stres bisa saja menyerang setiap orang. Saat stres, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol.

Hormon kortisol akan memacu nafsu makan, sehingga tekanan emosional akan meningkat seiring bertambahnya asupan lemak, gula dan keduanya. Ini bisa meningkatkan kadar insulin.

Mengutip dari Health Harvard, Senin (12/10/2020), para peneliti mengaitkan kenaikan berat badan dengan stres, dan menurut survei American Psychological Association, sekitar seperempat orang Amerika menilai tingkat stres mereka 8 atau lebih pada skala 10 poin. 

Makan berlebihan bukanlah satu-satunya perilaku terkait stres yang dapat menambah berat badan. Orang yang stres juga kurang tidur, kurang olahraga, dan minum lebih banyak alkohol, yang semuanya dapat menyebabkan kelebihan berat badan. 

Peneliti Harvard telah melaporkan bahwa stres berkorelasi dengan penambahan berat badan, tetapi hanya pada mereka yang kelebihan berat. Berikut cara melawan stres tanpa makan berlebihan:

1. Meditasi

Studi menunjukkan bahwa meditasi mengurangi stres, meskipun banyak penelitian difokuskan pada tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Meditasi juga dapat membantu orang menjadi lebih memperhatikan pilihan makanan.

2. Olahraga

Kadar kortisol bisa diturunkan bervariasi tergantung pada intensitas dan durasi olahraga, tetapi olahraga yang sangat berat juga menimbulkan beberapa efek negatif stres. Beberapa aktivitas yang bisa menurunkan kadar kortisol antara lain yoga, tai chi, dan olahraga ringan.

3. Dukungan sosial

Teman, keluarga, dan sumber dukungan sosial lainnya memiliki efek penyangga pada orang yang sedang mengalami stres.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan stres Virus Corona
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top