Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Deretan Penghargaan Raja Dangdut Rhoma Irama

Pada tahun tujuh puluhan, Rhoma mulai dikenal sebagai bintang film kanak-kanak. Djendral Kantjil, sekitar tahun 1958.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 18 Oktober 2020  |  17:27 WIB
Rhoma Irama - Antara
Rhoma Irama - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Berkarier musik sejak usia 11 tahun, Raja dangdut Rhoma Irama telah mengantungi sejumlah penghargaan.

Pada tahun tujuh puluhan, Rhoma mulai dikenal sebagai bintang film anak-anak. Djendral Kantjil, sekitar tahun 1958. Kariernya di musik dimulai sejak ia usia 11 tahun, Rhoma sudah menjadi penyanyi dan musisi ternama setelah jatuh bangun dalam mendirikan band musik, mulai dari band Gayhand pada 1963.

Tak lama kemudian, dia pindah masuk Orkes Chandra Leka, sampai akhirnya membentuk band sendiri bernama Soneta yang sejak 13 Oktober 1973 mulai berkibar. Bersama grup Soneta yang dipimpinnya, Rhoma tercatat pernah memperoleh 11 Golden Record dari kaset-kasetnya.

Berdasarkan data penjualan kaset, dan jumlah penonton film-film yang dibintanginya, penggemar Rhoma tidak kurang dari 15 juta atau 10% penduduk Indonesia. Ini catatan sampai pertengahan 1984. 

Berikut daftar penghargaan yang pernah diterima Rhoma, dikutip dari wikipedia

1. Tahun 1971, juara I lomba menyanyi tingkat Asean di Singapura,

2. Dekade 70-an, Rhoma banyak mendapatkan penghargaan puluhan Piringan Emas atau yang disebut Golden Record atas kesuksesan penjualan kaset-kasetnya.

3. Agustus 1985, majalah Asia Week Edisi XVI menempatkan Rhoma Irama sebagai Raja Musik Asia Tenggara, setelah memuat liputan pertunjukan Soneta Group di Kuala Lumpur.

4. Tahun 1992, Rhoma mendapatkan pengakuan oleh dunia musik Amerika, saat majalah Entertainment edisi Februari tahun tersebut mencantumkannya sebagai The Indonesian Rocker,

5. Akhir April tahun 1994, Rhoma Irama menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan Mr. Tanaka dari Life Record Jepang di Tokyo. Sebanyak 200 buah judul lagunya akan direkam ke dalam Bahasa Inggris dan Jepang, untuk diedarkan di pasar internasional. Rencananya, lagu-lagu tersebut dibuat dalam bentuk laser disc (LD) dan compact disc (CD)

6. Pengaransemen Musik Terbaik lagu Euforia, TPI Awards tahun 2000

7. Lifetime Arhievement Awards 2001, Anugerah Musik Indonesia tahun 2001

8. Special Legend of Music, Anugerah Music Indonesia RCTI tahun 2002.

9. Pada 16 November 2007, Rhoma menerima penghargaan sebagai “The South East Asia Superstar Legend” di Singapura,

10. Bersama Elvie Sukaesih mendapatkan penghargaan dari Museum Dunia Rekor Indonesia (MURI) dengan kategori Raja dan Ratu Dangdut Indonesia,

11. Pada 23 Desember 2007, Rhoma menerima Lifetime Achievement Award pada penyelenggaran perdana Anugerah Musik Indonesia (AMI) Dangdut Awards,

12. Album Begadang masuk dalam 150 Album terbaik sepanjang masa versi majalah Rolling Stones. Pada edisi lain, majalah Rolling Stones Indonesia kembali memasukkan nama Rhoma Irama ke dalam 25 artis Indonesia terbesar sepanjang masa bersama dengan Bing Slamet, Ismail Marzuki, Koes Plus, Bimbo, dan lain-lain. Rhoma Irama adalah satu-satunya artis dangdut. Rhoma telah menciptakan 1000 lebih lagu dangdut, sekaligus memperoleh predikat 'pencipta lagu dangdut terlaris'.

13. Pada 2009, Presiden SBY menganugerahkan penghargaan kepada Rhoma Irama sebagai Seniman Indonesia Terbaik.

14. Rhoma Irama meraih penghargaan dari Musium Rekor Indonesia/MURI, sebagai Penyanyi Legenda

15. Mendapatkan gelar Professor Honoris Causa dalam bidang musik yang diterimanya dari dua universitas berbeda, yaitu dari Northern California Global University dan dari American University of Hawaii, keduanya dari Amerika Serikat.

16. Nama Rhoma Irama diabadikan sebagai nama piala untuk 6 kategori permainan instrumen musik dangdut. Hasil survei yang diadakan oleh Reform Institute 2008 menempatkan Rhoma di atas penyanyi maupun grup-grup band saat ini, seperti: Ungu, Peterpan, Iwan Fals, maupun Dewa 19.

17. The South East Asia Superstar Legend di Singapura

18. Lifetime Achievement Awards 2011, SCTV.

19. Lifetime Achievement Awards 2014, MNCTV Dangdut Awards 2014.

20. Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dari Kementerian Hukum dan HAM, 2014.

21.  Lifetime Achievement Awards 2017, Indonesian Dangdut Awards 2017

22.Muslim Choice Awards, 2018.

23. Legenda Dangdut Paling Mantul, Anugerah Dangdut Indonesia 2019.

24.Penghargaan Khusus atas Dedikasi di Dunia Perfilman, Indonesian Movie Actors Awards 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rhoma irama dangdut
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top