Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Biaya Langganan Streaming Film: Netflix, Viu, dan Disney Plus Hotstar

Di Indonesia, tercatat ada tiga pemain besar yang berusaha mendapatkan kue di bisnis layanan streaming film, yaitu Netflix, Viu, dan yang terbaru Disney Hot Star. Simak perbandingan biaya langganan dan fasilitasnya!
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 26 Oktober 2020  |  19:03 WIB
Ilustrasi nonton TV - bussinessinsider
Ilustrasi nonton TV - bussinessinsider

Bisnis.com, JAKARTA – Sejak diblokirnya situs streaming ilegal oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), berbagai layanan streaming film berbayar mulai berjamur di publik.

Layanan streaming film berbayar kian digemari sejak pandemi Covid-19. Pasalnya, masyarakat pasti berpikir ulang untuk menonton film di bioskop karena takut tertular virus Corona.

Tingginya antusiasme masyarakat untuk menonton film via smart tv atau smart phone membuat perusahaan layanan streaming berbayar berlomba-lomba menawarkan program langganan dan koleksi film nan beragam. Di Indonesia, tercatat ada tiga pemain besar yang berusaha mendapatkan kue di bisnis layanan streaming film, yaitu Netflix, Viu, dan yang terbaru Disney Hot Star.

Lantas, apa saja kelebihan yang ditawarkan? Berapa tarif langganan dari masing-masing layanan streaming? Simak ulasan Bisnis berikut ini.

1. Netflix

Bagi kalian yang menyukai serial film atau bahkan dokumenter, Netflix dapat menjadi tempat streaming yang cocok bagi kalian. Layanan streaming film asal Amerika Serikat itu bisa ditonton kapan, di mana, dan menggunakan beragam jenis perangkat elektronik (Handphone, tablet, laptop, dan smart TV).

Netflix merupakan layanan streaming yang menawarkan berbagai macam kategori di dalamnya, seperti film, anime, film original Netflix, dokumenter, dan masih banyak kategori lainnya. Tidak ketinggalan, kini sudah banyak drama Korea yang disiarkan perdana oleh Netflix. Ditambah, Netflix selalu menyajikan hal-hal yang baru di tiap minggunya.

Berikut biaya berlangganan Neflix Indonesia:
a. Paket Mobile berlaku untuk 1 gadget (smart phone atau tablet) Rp54.000/bulan
b. Paket Basic berlaku untuk 1 gadget (smart phone/tablet/laptop) Rp120.000/bulan
c. Standard berlaku untuk 2 gadget (smart phone/tablet/laptop) Rp153.000/bulan
d. Premium berlaku untuk 4 gadget (smart phone/tablet/laptop) Rp186.000/bulan


2. Viu

Aplikasi Viu populer karena menghadirkan banyak tayangan drama Korea. Padahal, bukan hanya drama Korea saja di dalam Viu. Tontonan dengan kategori yang tidak kalah seru, seperti drama Jepang, drama Asia, film, variety show Korea, hingga dokumenter.

Viu menawarkan dua paket tontonan, yaitu paket dasar dan paket premium. Dengan paket dasar, kalian sudah bisa menikmati dan mengunduh semua video yang disediakan secara gratis di VIU. Hampir 70 persen dari tontonan yang disediakan Viu, sudah bisa diakses oleh siapa saja tanpa perlu mendaftar atau berlangganan.

Sementara untuk paket premium, kalian bisa menikmati dan mengunduh semua konten yang ada di dalam aplikasi Viu. Namun, syaratnya kalian harus berlangganan agar bisa mengakses konten premium. Tetapi jangan khawatir, Viu juga menyediakan masa uji percobaan gratis selama 30 hari.

iaya berlangganan Viu cukup terjangkau, yakni Rp30.000 per bulan. Dengan membayar biaya langganan tersebut, satu akun Viu juga bisa dipakai maksimal hingga lima perangkat di saat yang bersamaan.

3. Disney Plus Hotstar

Disney Plus Hotstar merupakan jenis layanan streaming terbaru yang dikeluarkan oleh Disney. Layanan ini sama seperti layanan streaming lainnya, Disney Plus Hotstar bisa ditonton mulai dari handphone, desktop hingga Smart TV berbasis Android.

Disney Plus Hotstar menawarkan dua pilihan harga. Harga pertama, Disney Plus Hotstar menawarkan Rp39.000 per bulan. Untuk penawaran kedua, tak tanggung-tanggung Disney Plus Hotstar menawarkan harga Rp199.000 per tahun.

Bagi pelanggan Telkomsel, ada paket Disney Plus Hotstar dan Kuota 33 gigabyte yang dibanderol seharga Rp20.000 untuk satu bulan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tv streaming disney Netflix
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top