Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Daftar Makanan yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Jika Anda ingin menjaga berat badan tetap sehat dan bugar maka tambahkan makanan ini ke dalam menu makanan Anda.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 28 Oktober 2020  |  06:57 WIB
Sayuran brokoli sangat cocok dimasukkan dalam menu diet. - ilustrasi
Sayuran brokoli sangat cocok dimasukkan dalam menu diet. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk menurunkan berat badan maka seseorang harus mengidentifikasi dan mengontrol kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

Penelitian dari Journal Nutrients yang dikutip dari Times of India, mengonsumsi beberapa buah dan sayuran tertentu dapat membantu wanita menurunkan berat badan lebih cepat daripada makanan yang lain.

Studi tersebut juga mengungkapkan bahwa menambahkan beberapa makanan tertentu ke dalam makanan dapat menyebabkan penurunan berat badan dalam jangka panjang selama 4 tahun.

Jadi, jika Anda ingin menjaga berat badan yang sehat dan tetap fit maka tambahkan makanan ini ke dalam menu makanan Anda.

1. Kembang kol

Kembang kol rendah kalori dan bisa menjadi pengganti makanan berkalori tinggi seperti nasi dan tepung. Satu cangkir kembang kol hanya mengandung 25 kalori, jadi Anda bisa makan banyak tanpa menambah berat badan.

Kembang kol adalah sayuran terbaik untuk wanita yang menurunkan berat badan antara 46 hingga 51 tahun dan terbaik ketiga untuk wanita antara 33 hingga 40 tahun.

2. Buncis

Satu cangkir buncis mengandung 31 kalori, tanpa lemak dan hanya 3,6 gram gula. Sayuran ini memiliki vitamin C, K, A, karotenoid, antioksidan, dan serat. Ini adalah makanan terbaik ketiga untuk menurunkan berat badan bagi wanita dalam kelompok usia 46-51 tahun.

3. Paprika

Tambahkan paprika ke dalam salad atau sandwich Anda, paprika adalah makanan yang sangat baik untuk mengurangi berat badan. Sayuran berwarna-warni rendah kalori dan memiliki sifat pembakaran lemak. Paprika mengandung vitamin C, yang membantu mengurangi lemak perut dan meningkatkan mood Anda.

4. Wortel

Wortel adalah makanan ramah penurunan berat badan dan rendah kalori lainnya yang harus ditambahkan wanita dalam makanan mereka. Wortel memiliki serat yang tinggi dan beta-karoten, sayuran ini dapat ditambahkan ke dalam makanan dengan berbagai cara.

Anda bisa menambahkan wortel untuk dikonsumsi dengan cara di jus, salad atau smoothie. Sayuran ini membantu sekresi empedu yang pada gilirannya membakar lemak dan dengan demikian membantu penurunan berat badan.

5. Sayuran hijau

Jika ingin menurunkan berat badan, Anda tidak boleh melewatkan dedaunan hijau. Mereka mengandung banyak nutrisi, rendah kalori dan penuh serat. Kandungan serat dalam sayuran hijau membantu meningkatkan rasa kenyang.

6. Brokoli

Untuk wanita yang termasuk dalam kelompok usia 33 hingga 40 tahun, brokoli adalah sayuran terpenting untuk menurunkan berat badan secara berkelanjutan.

Brokoli merupakan sumber karbohidrat yang baik dan kaya serat. Mengkonsumsi sayuran ini setiap hari dapat membantu mencegah sembelit dan makan berlebihan.

7. Apel dan pir

Baik apel dan pir menjadi buah terbaik untuk menurunkan berat badan. Keduanya dikemas dengan serat dan memiliki sifat anti-inflamasi. Selain itu, kandungan kalorinya sangat rendah, yang membuatnya menjadi buah yang bisa menurunkan berat badan dengan sangat baik.

8. Stroberi

Stroberi mengandung vitamin C, kalium dan serat, stroberi adalah buah penurun berat badan yang sangat baik. Dengan mengonsumsi 1 cangkir irisan stroberi, Anda bisa mendapatkan 163 persen dari dosis harian vitamin C.Stroberi juga kaya akan antioksidan dan rendah kalori.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sayuran diet
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top