Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Survei: Efek Pandemi, Hanya 38 Persen Pekerja yang Masih Merasa Bahagia

Salah satu penyebab menurunnya angka kebahagiaan adalah dampak pandemi terhadap pekerjaan.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 30 Oktober 2020  |  15:26 WIB
Ilustrasi - Tashamscott
Ilustrasi - Tashamscott

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi virus corona yang pertama kali merebak di Indonesia pada kuartal pertama tahun ini tidak terasa sudah berlangsung selama lebih dari setengah tahun.

Berbagai perubahan, yang menyenangkan maupun yang kurang menyenangkan telah kita alami. Bagaimana dengan Anda? Perubahan apa saja yang sudah kamu alami dalam kehidupan pribadi maupun pekerjaan? Apakah kamu merasa bahagia?

Sebuah survei dari JobStreet yang diikuti lebih dari 5,000 responden di Indonesia menunjukkan bahwa sebelum terjadinya pandemi, 93% responden merasa bahagia dengan kualitas hidup mereka. Namun, saat ini, jumlah tersebut turun menjadi hanya 38% yang masih merasa bahagia.

"Sikap positif atau bahagia adalah cerminan dari suasana hati kita, dan berdampak ke perilaku kita, termasuk dalam bekerja maupun mencari kerja," ujar Psikolog Theresia Ceti Prameswari, seperti dikutip melalui siaran pers, Jumat (30/10/2020).

Salah satu penyebab menurunnya angka kebahagiaan adalah dampak pandemi terhadap pekerjaan.

Sebanyak 35 persen responden telah diberhentikan secara permanen dari pekerjaan mereka dan 19 persen tidak bekerja untuk sementara waktu.

Bagi yang masih bekerja, 34 persen tidak mendapat bonus; 31 persen menghadapi pengurangan gaji; dan 29 persen responden menghadapi kemunduran dalam kenaikan gaji.

Selain itu, survei JobStreet juga menunjukkan bahwa 89% karyawan merasa bahagia dengan pekerjaan mereka sebelum terjadinya pandemi. Namun, sekarang hanya 49% yang masih merasa bahagia.

Bagi Anda yang sudah bekerja, sikap yang positif akan berpengaruh terhadap keputusan yang kita ambil dan juga produktivitas saat bekerja.

Sedangkan untuk Anda yang masih mencari kerja, saat sikap kurang positif, proses melamar kerja pun bisa terdampak dan menjadi kurang maksimal.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jobstreet.com tips bahagia
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top