Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Rayakan Hari Kesehatan Nasional, Ini Rekomendasi Drama Korea Bertema Medis

Beragam pilihan drama korea bertema medis dapat menjadi cara Anda untuk meneladani perjuangan mereka di tengah pandemi.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 12 November 2020  |  19:21 WIB
Drama korea yang mengusung tema kesehatan. - istimewa
Drama korea yang mengusung tema kesehatan. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Mengusung tema “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat”, Hari Kesehatan Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 November telah memasuki tahun ke 56.

Hari ini menjadi saat kita merenungkan kembali betapa pentingnya menjaga kesehatan dan semangat untuk menaklukan pandemi Covid-19 yang masih ada di depan mata.

Sejarah di balik Hari Kesehatan Nasional juga dapat menjadi pengingat bahwa negeri ini pernah menaklukan wabah yang mematikan di masa lalu, yakni ketika Indonesia menaklukan wabah malaria pada 1960-an.

Untuk menghormati perjuangan para dokter dan tenaga medis ini yang berjuang di tengah pandemi, satu hal yang bisa dilakukan oleh semua orang saat ini adalah dengan menjaga semangat dan optimisme untuk mengalahkan pandemi Covid-19.

Ingat selalu, patuhi protokol kesehatan dan lebih banyak beraktivitas di rumah.

Beragam pilihan drama korea bertema medis juga dapat menjadi cara Anda untuk meneladani perjuangan mereka. Selain membangkitkan semangat dan optimisme, sejumlah drama ini juga dapat menjadi alternatif hiburan di tengah pandemi.

Berikut 4 rekomendasi drama korea bertema medis yang dapat dinikmati di Viu, seperti dilansir melalui siaran pers yang diterima Bisnis, Kamis (12/11/2020).

doctor romantic drakor

1. Doctor Romantic 1 (2016) & Doctor Romantic 2 (2020)

Drama yang dikenal dengan judul Romantic Doctor, Teacher Kim ini mendulang sukses pada masanya. Dirilis pada 2016, Doctor Romantic mendapatkan banyak penghargaan di ajang SBS Drama Awards 2016 dan Baeksang Arts Awards 2017.

Alur cerita Doctor Romantic mengisahkan perjalanan seorang dokter bernama Boo Young Joo yang diperankan oleh Han Suk Kyu. Dia adalah dokter bedah jenius yang terkenal dalam menangani berbagai masalah pasien.

Namun, di puncak karier kedokterannya, Yong Joo tiba-tiba menghilang. Dia memutuskan untuk mengasingkan diri untuk mengabdi di rumah sakit kecil di pinggiran kota. Dia pun mengganti namanya mengganti Kim Sa Bu alias Teacher Kim.

Atas kesuksesan seri pertamanya pada 2016, Doctor Romantic berlanjut ke musim 2 yang diproduksi pada 2019. Sekuel ini kembali mendapatkan penghargaan Baeksang Arts Awards 2020 atas penampilan Ahn Hyo Seop yang memainkan pemeran pembantu bernama Seo Woo-jin.

once again drakor

2. Once Again (2020)

Drama yang yang satu ini mengisahkan persoalan cinta dan rumah tangga di keluarga Song yang seolah tak pernah damai. Konflik dan perceraian menjadi isu utama yang ditampilkan dalam serial ini, melalui kisah berbeda dari tiap anak di keluarga Song.

Salah satunya menceritakan tentang anak ketiga, seorang dokter, bernama Song Na Hee yang diperankan oleh Lee Min Jung. Dia merupakan seorang dokter spesialis sukses yang menjalin cinta dengan rekan sesama dokter bernama Kyun Jin, diperankan oleh Lee Sang Yeob.

Namun, perjalanan rumah tangga Song Na Hee juga tak berjalan mulus karena harus menghadapi berbagai rintangan. Kisah keduanya memberikan gambaran tentang kehidupan keluarga dokter dari sisi paling personal, lekat dengan masalah yang dialami keluarga pada umumnya.

Drama ini juga menjadi ajang comeback aktris Lee Min Jung setelah sempat vakum panjang. Comeback Lee Min Jung berbuah manis karena serial ini berhasil mendapatkan rating tinggi sejak awal penayangannya, bahkan mencapai 30% saat ditayangkan di KBS TV.

blood drakor drama korea

3. Blood (2015)

Blood menceritakan perjalanan seorang dokter ahli bedah empedu bernama Park Ji Sang yang diperankan oleh Ahn Jae Hyun. Bukan sebatas dokter hebat, dia juga menyimpan rahasia besar sebagai seorang vampir.

Meskipun tampak dingin dan tidak berperasaan, Ji Sang sejatinya memiliki hati lembut. Dia begitu merindukan kehangatan hubungan dengan manusia. Tetapi dia harus menghindari berhubungan terlalu jauh dengan manusia karena khawatir membahayakan mereka.

Di tengah konflik pribadi tersebut, dia bertemu Yoo Ri Ta yang diperankan oleh Ku Hye Sun. Ri Ta merupakan doker muda yang tinggi hati, tetapi mampu membuat seorang Ji Sung jatuh hati.

Cerita drama ini kian seru saat dia bertemu dengan kepala rumah sakit bermuka dua bernama Lee Jae Wook yang diperankan oleh Ji Jin Hee. Meski mampu menipu orang dengan sikap lembutnya, Jae Wook haus kekuasaan dan sangat berbahaya.

drama korea Live Up to Your Name Dr. Heo

4. Live Up to Your Name Dr. Heo (2017)

Sesuai judulnya, serial drama ini menceritakan perjalanan seorang dokter bernama Heo Im yang diperankan oleh Kim Nam Gil. Berbeda dengan drama kesehatan lainnya, cerita Heo Im memiliki sentuhan fantasi yang menarik.

Dia merupakan tabib ahli akupuntur dan moksibusi terbaik di era Dinasti Joseon. Tanpa sengaja, pada suatu hari ia terlempar ke masa depan dan terdampar di Seoul era modern. Di sana dia dan bertemu dokter Choi Yeon Kyung yang diperankan oleh Kim A Joong.

Uniknya, keduanya harus bekerja sama meski memiliki pandangan berbeda soal dunia medis. Heo Im tentu saja mengandalkan pengobatan tradisionalnya, sedangkan Choi Yeon Kyung justru sangat anti pengobatan tradisional. Mereka juga pelan-pelan mulai jatuh hati satu sama lain.

Serial ini sekaligus menandai comeback Kim Nam Gill ke serial televisi setelah vakum hampir 4 tahun. Comeback ini berbuah cukup manis dengan mencetak rekor rating tertinggi di Korea untuk episode terakhirnya.

Rekomendasi drama korea bertema medis di atas dapat menjadi rujukan hiburan bagi Anda selagi beraktivitas di rumah.

Anda juga dapat memilih drama bergenre medis pilihan yang tersedia di platform Viu, atau drama seru yang sedang menjadi favorit pecinta drakor, seperti Flower of Evil, Alice, Zombie Detective dan Tale of the Nine Tailed.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dokter tenaga medis drama korea
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top