Sel virus corona
Health

Kesalahan saat Menghindari Penularan Covid-19

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 14 November 2020 - 19:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - COVID-19 telah memakan jutaan orang. Selain berakibat fatal, hal itu juga mengganggu ketenangan jiwa masyarakat.

Sementara para ilmuwan dan profesional medis sedang bekerja untuk menemukan penyembuhan yang terbaik, orang-orang diminta memainkan peran mereka dalam menahan penyebaran virus tidak hanya dengan menjaga jarak sosial, tetapi juga mengambil berbagai tindakan pencegahan yang diperlukan.

Namun, saat melakukannya, ada kemungkinan Anda melakukannya dengan cara yang salah. Oleh karena itu, untuk membantu Anda, berikut adalah beberapa kesalahan umum yang dilakukan orang, disadari atau tidak, saat melindungi diri dari virus.

1. Merasa aman di rumah

Banyak orang beranggapan bahwa jika mereka di rumah, mereka aman dari virus. Meskipun, tinggal di rumah adalah cara untuk menghindari virus, tidak ada jaminan bahwa Anda aman dan terlindungi dengan baik, terutama jika Anda tinggal bersama seseorang yang terinfeksi. Mengingat penyakit ini menyebar dengan mudah di antara orang-orang yang berada di dalam ruangan, berhubungan dekat, dan di ruang yang berventilasi buruk, tidak ada anggapan bahwa Anda aman dari virus.

2.  Kumpul-kumpul di rumah

?Selama periode lockdown ini, banyak orang secara sosial mengisolasi diri mereka sendiri di rumah, yang merupakan hal yang baik. Namun, meski mereka memilih untuk tidak keluar, mereka tidak ragu-ragu untuk mengadakan pertemuan di rumah, yang hanya meningkatkan risiko Anda tertular virus. Meskipun tidak mungkin Anda dapat memantau di mana teman dan orang yang Anda cintai sebelum mereka berhubungan dengan Anda.

3. Mulai bepergian ke mal atau restoran sepi

?karena jenuh, Anda mulai keluar rumah dan pergi ke mal atau restoran sepi yang dianggap lebih aman. Coronavirus adalah penyakit yang pasti akan tetap ada di antara kita untuk sementara waktu. Oleh karena itu, jika restoran lokal Anda atau teater terdekat buka, itu karena ekonomi dan bukan karena aman.

4. Lakukan tes setelah bersentuhan dengan orang yang terinfeksi

?Tentunya, Anda perlu menjalani tes setelah Anda melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi. Tetapi hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengarantina diri Anda sendiri dan mengamankan orang-orang di sekitar Anda. Namun, beberapa orang percaya untuk menjalani tes segera setelah mereka melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi, yang sama sekali tidak perlu. Jika Anda melakukannya, hasil tes Anda hampir pasti negatif. Ini mungkin memberi kesan bahwa Anda aman, tetapi pada akhirnya Anda mungkin membahayakan nyawa orang lain.

5. Percaya keluarga dan teman aman

?Beberapa orang percaya bahwa meskipun mereka berhati-hati dan mengambil tindakan ekstra untuk mencegah penularan atau penyebaran virus, orang yang mereka cintai juga melakukan hal yang sama, yang mungkin benar, tetapi tidak ada jaminan. Dengan asumsi demikian, mereka terkadang melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi, yang pada gilirannya menjadi sangat berbahaya.

Oleh karena itu, meskipun Anda harus terus melindungi diri Anda dan orang lain agar tidak tertular virus, Anda juga harus waspada terhadap orang yang mungkin tidak melakukan hal yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro