Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Awas, Virus Corona Semakin Menular dan Hilang Kemampuan Penciuman Jadi Gejala

Orang-orang yang mengalami kehilangan penciumana atau anosmia bisa terinfeksi virus corona (Covid-19) hingga sebulan.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 16 November 2020  |  14:43 WIB
Seorang perempuan mengalami kehilangan indera penciuman atau anosmia - Youngandraw
Seorang perempuan mengalami kehilangan indera penciuman atau anosmia - Youngandraw

Bisnis.com, JAKARTA - Selain batuk, kini kehilangan kemampuan mencium atau anosmia menjadi gejala terinfeksi virus corona (Covid-19).

Ahli Bedah Umum AS Jerome Adams mengungkapkan bahwa virus corona sangat menular. Dia mengungkapkan bila Anda mengalami gejala batuk atau pilek maka segeralah menghubungi tenaga medis.

"Satu gejala gejala orang yang benar-benar terinfeksi Covid-19 dibandingkan dengan flu adalah hilangnya rasa atau bau," kata Adams.

Berdasarkan survei yang dilakukan, dari 187 orang di Italia yang terinfeksi virus corona, sebanyak 113 mengalami perubahan indera penciuman. Penelitian yang dipublikasikan di JAMA Otolaryngology – Head & Neck Surgery, menunjukkan bahwa orang yang mengalami penurunan kemampuan indra penciuman mengalami pemulihan hingga 1 bulan.

"Hampir 90 persen orang yang kehilangan indra penciuman saat terinfeksi Covid-19 membaik atau pulih dalam waktu satu bulan. Penelitian di Italia, menemukan 49 persen pasien mendapatkan kembali indra penciuman mereka dalam sebulan,” seperti dikutip dari eathis.com, Senin (16/11/2020).

Namun, ada 10 persen disurvei memiliki gejala anosmia dan bahkan mengalami pemburukan dalam sebulan. Para ahli memperingatkan ratusan ribu orang bisa menghadapi masalah jangka panjang selama pandemi.

Satu perbedaan lain antara virus corona dan flu yakni Covid-19 menyebar lebih jauh dan lebih mudah daripada flu, dan itu menyebabkan penyakit yang jauh lebih serius pada beberapa orang.

Adams kembali memperingatkan agar setiap orang kembali melakukan pengujian jika kehilangan indra perasa atau penciuman.  Dia menyarankan kepada masyarakat agar tetap mengenakan masker, cuci tangan dan seringlah mendisinfeksi permukaan yang biasa disentuh, dan perhatikan jarak Anda dari orang lain.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona lidah Covid-19
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top