Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

3 Negara Ini Akan Mulai Vaksinasi Covid-19 Desember 2020

Langkah itu, dilakukan untuk menghentikan penyebaran virus corona yang di dunia saat ini udah mencapai lebih dari 57 juta kasus.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 23 November 2020  |  09:09 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19. - Antara
Ilustrasi vaksin Covid-19. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Setidaknya tiga negara telah mengonfirmasi akan melakukan vaksinasi covid-19 masal pada Desember 2020.

Langkah itu, dilakukan untuk menghentikan penyebaran virus corona yang di dunia saat ini udah mencapai lebih dari 57 juta kasus.

Berikut tiga negara tersebut seperti dilansir dari Guardian :

1. Inggris

Inggris dapat memberikan persetujuan peraturan untuk vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech minggu ini, bahkan sebelum Amerika Serikat mengizinkannya. Kemungkinan vaksinasi akan dimulai pada 1 Desember 2020.

Mengutip sumber-sumber pemerintah, dikatakan bahwa regulator Inggris akan memulai penilaian resmi vaksin tersebut, yang dibuat oleh Pfizer Inc dan BioNTech SE, dan bahwa Layanan Kesehatan Nasional telah diberitahu untuk siap mengelolanya sebelum 1 Desember.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka akan bertemu pada 10 Desember untuk membahas apakah akan mengotorisasi vaksin.

Departemen Kesehatan Inggris tidak berkomentar pada hari Minggu tentang kapan vaksinasi pertama akan diberikan.

Seorang juru bicara mengatakan proses otorisasi oleh regulator medis Badan Pengatur Produk Obat dan Kesehatan (MHRA) tidak tergantung pada pemerintah dan akan memakan waktu selama mereka perlu meninjau data akhir dari Pfizer.

“Sejumlah besar perencanaan telah dilakukan untuk memastikan layanan kesehatan kami siap untuk meluncurkan vaksin COVID-19,” tambah juru bicara itu.

Inggris secara resmi meminta regulator medisnya, MHRA, minggu lalu untuk menilai kesesuaian vaksin Pfizer-BioNTech.

Inggris telah memesan 40 juta dosis dan berharap memiliki 10 juta dosis, cukup untuk melindungi 5 juta orang, tersedia pada akhir tahun jika regulator menyetujuinya.

2. Amerika Serikat

Kepala program vaksin AS Moncef Slaoui mengatakan orang Amerika dapat divaksinasi pada 11 Desember

“Rencana kami adalah dapat mengirimkan vaksin ke lokasi imunisasi dalam waktu 24 jam sejak persetujuan, jadi saya perkirakan mungkin pada hari kedua setelah persetujuan pada 11 atau 12 Desember,” katanya.

Moncef Slaoui, kepala penasihat ilmiah program pengembangan dan distribusi vaksin Operation Warp Speed pemerintah, yang melibatkan militer dan sektor swasta serta pakar kesehatan pemerintah, mengatakan bahwa menunggu persetujuan peraturan untuk vaksin pertama berarti orang Amerika pertama dapat divaksinasi pada pertengahan Desember.

Dan Slaoui mengatakan bahwa jika distribusi vaksinasi dan rencana imunisasi berjalan dengan baik, cukup banyak orang Amerika yang harus divaksinasi pada “Mei atau sesuatu seperti itu” pada tahun 2021 untuk memungkinkan kehidupan kembali normal.

Badan pengawas Food and Drug Administration (FDA) dijadwalkan mengadakan pertemuan penting pada 10 Desember yang dapat memberikan otorisasi darurat tim untuk vaksin tersebut.

3. Jerman

Jerman dapat mulai memberikan suntikan vaksin Covid-19 secepat bulan Desember, kata Menteri Kesehatan Jens Spahn seperti dikutip.

“Ada alasan untuk optimis bahwa akan ada persetujuan untuk vaksin di Eropa tahun ini,” kata Spahn.

Spahn mengatakan bahwa dia telah meminta negara bagian federal Jerman untuk menyiapkan pusat vaksinasi mereka pada pertengahan Desember dan ini berjalan dengan baik. “Saya lebih memilih pusat vaksinasi yang siap beberapa hari lebih awal daripada vaksin yang disetujui yang tidak segera digunakan.”

Jerman telah mendapatkan lebih dari 300 juta dosis vaksin melalui Komisi Eropa, kontrak dan opsi bilateral, kata Spahn, seraya menambahkan bahwa ini lebih dari cukup dan bahkan meninggalkan ruang untuk dibagikan dengan negara lain.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat Virus Corona Vaksin Covid-19
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top