Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 5 Bahan Alami Menyembuhkan Sakit Pernapasan

Batuk banyak disebabkan oleh alergi, debu, juga polusi asap rokok. Memasuki musim dingin dan hujan Anda tentu akan lebih rentan mengalami batuk.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 28 November 2020  |  16:08 WIB
Batuk - fastpaceurgantcare.com
Batuk - fastpaceurgantcare.com

Bisnis.com, JAKARTA – Polusi udara merupakan salah satu permasalahan yang dialami masyarakat urban sehingga menyebabkan penyakit pernapasan salah satunya batuk dan sakit tenggorokan.

Berdasarkan banyak penelitian medis, batuk dan sakit tenggorokan sangat berpengaruh pada kesehatan. Biasanya batuk umum terjadi ketika berada di lingkungan berasap, maka hal paling mudah mencegah batuk adalah dengan menghirup udara segar.

Melalui udara yang segar dan keluar serta masuk normal, maka ada banyak partikel buruk dalam saluran pernapasan juga bisa ikut keluar. Sebaliknya, jika Anda meremehkan dan mendiamkan gejala batuk, maka penyakit tersebut akan sangat mengganggu Anda sepanjang malam.

Batuk juga banyak disebabkan oleh alergi, debu, juga polusi asap rokok. Memasuki musim dingin dan hujan Anda tentu akan lebih rentan mengalami batuk. Ada beberapa jenis makanan dan obat yang bisa mengatasi batuk jangka pendek tersebut. Sebaliknya, jika dalam jangka panjang maka ada baiknya, Anda segera berkonsultasi kepada dokter.

Dilansir dari Times of India, Sabtu (28/11/2020), ada lima bahan makanan di rumah yang bisa membantu menyehatkan saluran pernapasan dan mencegah sakit tenggorokan dan batuk. Berikut lima bahan alami yang sangat cocok untuk mengobati batuk.

  1.   Madu

Madu adalah bahan alami yang manis dan merupakan obat untuk sakit flu dan batuk. Madu kaya antioksidan, antimikroba, dan anti-inflasi yang membantu menyehatkan tenggorokan. 

Sebuah studi terbaru menyatakan, madu justru lebih baik ketimbang obat kimiawi untuk mengatasi batuk dan flu. Anda hanya perlu menambahkan dua sendok teh madu dalam secangkir teh panas herbal dan lemon. Anda perlu meminumnya dua kali sehari untuk mencapai hasil yang efektif.

  1.   Air Garam

Air garam bisa membersihkan tenggorokan dari bakteri yang mengganggu saluran pernapasan. Anda hanya membutuhkan ¼ sendok teh garam dan 1 gelas air hangat, dan aduk, lalu kumur beberapa kali dalam sehari untuk mempercepat proses pengobatan. Langkah ini tidak diperuntukkan bagi anak-anak yang masih melalui masa pertumbuhan gigi.

  1.   Jahe

Jahe adalah bahan alami dengan anti-inflamasi yang membuat membran pada saluran pernapasan menjadi lebih sehat dan melancarkan saluran pernapasan sehingga mengurangi masalah batuk. Dengan mengonsumsi teh jahe, atau jahe dengan madu dan sedikit merica sangat efektif menyembuhkan batuk. Meski demikian jangan terlalu banyak mengonsumsi teh jahe karena akan menyebabkan sakit perut dan sakit pada bagian ulu hati.

  1.   Daun Mint (Permen)

Permen dari daun mint memiliki campuran mentol yang berfungsi untuk menghentikan masalah iritasi tenggorokan. Mint dapat menghilangkan rasa sakit iritasi dan memberikan kesegaran. Mint juga bisa mengurangi masalah sakit tenggorokan. Dengan mengonsumsi 2-3 kali mint per hari, adalah cara yang efektif untuk mengurangi masalah batuk. Selain itu mint juga cocok untuk aromaterapi

  1.   Minyak Eucalyptus

Minyak esensial eucalyptus bisa membantu menyegarkan dan menyembuhkan saluran pernapasan Anda. Untuk hasil yang sempurna, Anda hanya perlu mencampurkan minyak eucalyptus dengan minyak kelapa atau minyak zaitun, lalu dioleskan di leher area tenggorokan. Anda juga bisa mencampurkan minyak ini dalam air panas untuk dihirup dan menyembuhkan saluran pernapasan Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

musim hujan obat batuk jahe Batuk
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top