Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Persiapkan Penting Sebelum Pindah Keluar Negeri Bersama Pasangan

Setelah Anda memutuskan pindah bersama pasangan ke luar negeri, maka segala kemungkinan bisa terjadi di luar ekspektasi Anda.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 28 November 2020  |  16:59 WIB
Ilustrasi - Youqueen
Ilustrasi - Youqueen

Bisnis.com, JAKARTA – Pindah ke negara atau kota lain bersama dengan pasangan Anda adalah salah satu langkah besar dalam hidup, baik Anda memilih hidup bersama di apartemen ataupun di rumah, Anda tetap harus membangun ruang pribadi yang bisa menenangkan pikiran dan hati Anda.

Oleh sebab itu, dilansir dari Bolde, Sabtu (28/11/2020), ada beberapa hal penting yang harus Anda persiapkan jika Anda hendak pindah keluar kota dan keluar negeri, merantau bersama pasangan Anda.

1. Menyadari Pikiran, Perasaan, dan Tujuan Anda Jelas

Berdasarkan pengalaman dari Marie Robins, dia mengambil pekerjaan pada kota yang sama dengan pasangannya seusai kuliah agar mereka bisa memulai hidup bersama. Pada dasarnya, Marie memiliki pilihan untuk pindah ke kota lain dengan pekerjaan yang berbeda, namun dia memilih tetap bersama pasangan untuk bisa mengelola hubungan mereka dengan baik.

Dia menyadari saat itu dia lebih memprioritaskan hubungannya ketimbang tujuan hidup dia. Untung saja pekerjaan yang didapatkan sangat bagus dan tidak melenceng dari target karirnya. Meski demikian, dia menjadi lebih fokus dalam mengelola hubungannya hingga tidak banyak berpikir soal dirinya sendiri.

2. Sangat Penting untuk Mendapatkan Jaminan dari Pasangan Anda

Akan sangat penting bagi Anda untuk mendapatkan kepastian dalam hubungan Anda sebelum Anda memutuskan untuk hidup bersama. Anda dan pasangan harus merumuskan alasan-alasan untuk pindah bersama, dan apa yang mau dilakukan dengan kepindahan itu. Marie sendiri mengakui kesalahan dia adalah berasumsi semua akan berjalan dengan lancar hanya dengan satu kali berbincang dan mencapai kesepakatan dengan pasangannya untuk pindah. Padahal dengan percakapan yang lebih dalam dan lama, Anda bisa lebih realistis dalam mengelola ekspektasi bagi masa depan Anda dan pasangan.

3. Cari Nasehat Sebelum Ambil Keputusan

Penting bagi Anda melakukan riset dan mencari nasehat dari orang lain yang berpengalaman dalam mengelola hubungan. Nasehat akan membantu Anda melihat situasi saat ini dan masa depan, serta membantu Anda merumuskan pencapaian cita-cita Anda sebelum pindah bersama pasangan Anda. Nasehat dari berkonsultasi dengan orang lain juga sangat membantu Anda dalam menyelesaikan persoalan yang sulit, membantu Anda bangkit jika akhirnya memutuskan berpisah.

4. Bergantung Pada Diri Sendiri

Ketika pindah dengan pasangan keluar kota, Marie mengaku menjadi perempuan yang sangat ahli dalam semua urusan rumah tangga. Marie bisa menyediakan semua kebutuhan rumah tangga dari mulai menyiapkan makanan dan mengurus keperluan dalam rumah. Dia pun menjadi begitu over control yang membuatnya sedikit terganggu dengan dirinya sendiri apakah kepindahan ke luar kota memberi pengembangan diri yang lebih baik bagi dirinya sendiri.

5. Pentingnya Membangun Pertemanan dengan Orang Baru

Secara umum saat pindah ke kota dan negara baru bersama pasangan, Anda mungkin sulit beradaptasi dengan lingkungan dan sangat tergantung hanya dengan pasangan Anda.

Berdasarkan pengalamannya, Marie menyarankan agar selain bersama pasangan, Anda juga penting mencari teman baru yang tidak berkaitan dengan pasangan Anda. Hal ini akan memperluas jaringan dan pengalaman pergaulan Anda. Dengan begitu Anda tidak merasa sendirian di kota tersebut.

6. Eksplorasi Daerah Tempat Tinggal Anda

Setelah Anda memutuskan pindah bersama pasangan, segala kemungkinan bisa terjadi di luar ekspektasi Anda. Ada saat penuh konflik yang membuat Anda mencari ruang bersembunyi dan sendiri menenangkan pikiran dari pasangan Anda. Oleh sebab itu, penting bagi Anda mengeksplorasi kawasan baru tempat tinggal Anda untuk bisa menemukan ruang dan tempat nyaman ketika Anda ingin menenangkan pikiran dan hati.

7. Pindah Keluar Kota Berarti Anda Berani Menghadapi Kelemahan Pasangan Anda

Berdasarkan pengalamannya, Marie berpikir pindah kota bersama pasangan akan memperkuat hubungan dia dengan pasangan. Faktanya, kepindahan berdua ke kota baru justru banyak membuka beberapa kelemahan dari hubungan mereka, baik kelemahan Marie maupun kelemahan pasangannya.

Awalnya semua masalah tersebut seolah bisa terselesaikan dengan sendirinya, namun kenyataannya ini butuh waktu karena merupakan pengalaman baru dalam hubungan keduanya.

8. Hadapi Kenyataan, Seseorang Bisa Berubah Saat Masuk Lingkungan Baru

Pasangan akan sangat berubah ketika masuk ke lingkungan baru, baik itu karena bekerja atau karena pendidikan. Berdasarkan pengalamannya, Marie menyebut pasangannya menjadi lebih mudah stress karena beban tugas kuliah, namun lambat laun berubah menjadi sosok yang lebih suka berfoya-foya dan menghabiskan uang.

Dia melihat fase dimana pasangannya menemukan suasana dan kesempatan baru dalam bergaul di kota tersebut. Oleh sebab itu penting bagi Anda mempersiapkan ekspektasi pada perubahan pasangan dan diri sendiri.

9. Pentingnya Membuat Rencana B Jika Kepindahan Tak Membuahkan Hasil Baik

Jika Anda justru pindah bersama sebelum menikah, maka Anda juga perlu memiliki rencana alternatif alias plan B ketika segalanya berjalan di luar rencana.

Jika belum menikah, Anda bisa memutuskan hubungan. Namun jika Anda akhirnya putus, Anda juga harus punya rencana kemana Anda mau melanjutkan hidup. Apakah Anda akan pindah kota? Membeli apartemen dan pindah?  Berdasarkan pengalaman Marie, mengalami fase putus saat berada di kota lain jauh lebih sulit ketimbang Anda berada di tempat tinggal Anda.

10. Tetaplah Berpikiran Terbuka

Pindah ke kota baru dengan pasangan tidak melulu berhasil seperti yang dialami Marie. Dia menjadi terkesan sangat bodoh saat memutuskan pindah. Saat putus dia pun menjadi kehilangan harapan. Oleh sebab itu sangat penting membuka pikiran dengan luas, bahwa sekalipun segala rencana tak berjalan baik dan Anda bahkan putus dengan pasangan, Anda tetap bisa melalui hidup di kota tersebut dengan mandiri.

11. Percayalah Pada Insting Anda

Berdasarkan 6 bulan pengalaman tinggal di kota baru dengan pasangan, Marie merasa tidak terlalu menyesal meski segalanya berjalan di luar rencana. Dia menilai pengalaman hubungan yang tidak berjalan baik karena sejak awal tidak memiliki pondasi yang kuat dan dia tidak melihat potensi yang bisa dikembangkan dengan kepindahan ini. Oleh sebab itu dalam setiap keputusan termasuk pindah, atau memutuskan hubungan, Anda penting untuk mengasah insting dan move on sehingga tidak berlarut dalam kesedihan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

luar negeri menikah pasangan suami istri
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top