Vaksin Covid-19 buatan Sinovac yang tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Minggu malam, 6 Desember 2020./Istimewa
Health

Vaksin Covid-19 Gratis, Intip Lagi Kisaran Harga Jualnya

Rika Anggraeni dan Mia Chitra Dinisari
Rabu, 16 Desember 2020 - 14:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia menyusul negara lainnya yang menggratiskan vaksin covid-19 untuk program vaksinasi massal 2020.

Keputusan itu disampaikan hari ini, Rabu 16 Desember 2020 oleh Presiden Jokowi.

Sebelumnya disebutkan jika vaksin akan diberikan dalam 2 skema yakni gratis dan mandiri. Namun, dengan keputusan ini, maka artinya vaksin akan digratiskan untuk disuntikkan pada warga.

Hingga saat ini, vaksin yang sudah dibeli adalah dari Sinovac BionTech. Sedangkan pemerintah telah menyatakan ada 6 vaksin yang bisa dipakai di Indonesia yakni Bio Farma, Sinovac, Sinopharm, Pfizer dan Moderna.

Sebelumnya, juga harga dari beberapa vaksin itu sudah beredar kisarannya. Berikut perinciannya :

1. Sinovac

Perusahaan bio farmasi asal China, yaitu Sinovac Biotech disebut mampu memicu respon imun yang cepat. Vaksin tersebut menghasilkan tingkat antibody lebih rendah daripada orang yang telah pulih dari infeksi Covid-19.

Dikabarkan sebelumnya, Bio Farma Indonesia telah mencapai kesepakatan setidaknya untuk membeli 40 juta dosis dari vaksin Sinovac, dengan biaya sekitar Rp200 ribu per dosis. Namun, harga jual vaksin Sinovac belum ditetapkan hingga kini.

2. Moderna

Moderna merupakan perusahaan bioteknolgi dari Amerika Serikat yang bekerja sama dengan National Institutes of Health (NIH). Perusahaan ini sedang mengembangkan vaksin Covid-19 dengan nama mRNA-1273.

Harga vaksin Moderna berkisar antara US$25-US$37 dollar atau setara dengan Rp354.125 hingga Rp524.105 per dosisnya. Berdasarkan data sementara uji klinis tahap akhir, vaksin Moderna diklaim mempunyai tingkat efektivitas mencapai 94,5 persen.

3. Pfizer dan BioNTech

Pfizer, perusahaan asal AS, bekerja sama dengan perusahaan bio teknologi dari Jerman, BioNTech. Mereka telah setuju memasok 100 juta dosis ke Amerika Serikat.

Harga yang dibanderol adalah US$39 dollar atau setara dengan Rp552.435 untuk dua kali suntikan. Dengan begitu, tiap dosis vaksin Pfizer ini akan dikenakan biaya sekitar $19,50 dollar atau setara dengan Rp276.217.

Vaksin Pfizer dan BioNTech mengklaim kandidat vaksin yang dikembangkannya yaitu 95 persen efektif dan tidak memiliki efek samping yang serius. Penggunaan vaksin ini dapat mencegah Covid-19 dengan kategori ringan dan parah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro