Hipertensi. /Bisnis.com
Health

Daweoong Rilis Obat Kombinasi Inovatif untuk Hipertensi dan Dislipidemia

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 17 Desember 2020 - 20:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Berdasarkan data dari American Heart Association per bulan Maret, pasien yang mengidap penyakit bawaan (komorbid) memiliki tingkat risiko kematian yang lebih tinggi akibat infeksi COVID-19.

Penyakit kardiovaskular merupakan salah satu faktor penyebab kematian tertinggi hingga 10,5%. Oleh karena itu, penanganan penyakit kardiovaskular semakin menyita perhatian publik saat ini. Hipertensi dan dislipidemia merupakan penyebab utama penyakit kardiovaskular sehingga memerlukan perawatan dan penanganan yang lebih baik.

Son Chan seok, Product Manager, Daewoong Pharmaceutical mengatakan, Daewoong Pharmaceutical telah mengembangkan pengobatan kombinasi untuk merawat pasien yang menderita hipertensi –penyebab kematian no.1 di seluruh dunia  dan dislipidemia. Perusahaan berencana untuk memperkenalkan pengobatan kombinasi ini di Indonesia.

Menurutnya, berdasarkan hasil penelitian terbaru Daewoong Pharmaceutical, pengobatan kombinasi yang bertujuan untuk menangani hipertensi dan dislipidemia ini memiliki efek penurunan tekanan darah yang sangat baik dan dapat meningkatkan kepatuhan pasien. Efek pengobatan ini juga diakui secara internasional dan telah diterbitkan dalam American Journal of Therapeutics, jurnal tingkat internasional SCI.

Dia memaparkan, pengobatan yang diperkenalkan oleh Daewoong Pharmaceutical ini mengandung kombinasi Olmesartan dan Rosuvastatin. Menggunakan teknologi platform yang dipatenkan oleh Daewoong Pharmaceutical, pengobatan hipertensi dan dislipidemia ini dirancang dalam bentuk tablet dua lapis dengan kompartemen terpisah.

"Saat tablet dikonsumsi, obat akan melepaskan Rosuvastatin terlebih dahulu kemudian Olmesartan dalam jangka waktu 30 menit. Efek dan tingkat keamanan pengobatan ini juga telah terbukti. Hal ini berkat penerapan teknologi yang mampu mengatur pelepasan kandungan obat sehingga penyerapannya di dalam tubuh dapat dioptimalkan tanpa adanya interaksi antar kandungan," paparnya dalam 'Daewoong Media Day' (DMD) yang digelar secara virtual, Kamis 17 Desember 2020.

Dia menambahkan, Daewoong Pharmaceutical terus melakukan riset dan pengembangan untuk meningkatkan kemanjuran obat polipil karena obat kombinasi berdosis tetap terbukti lebih efektif mengurangi tekanan darah dan kolesterol dibandingkan dengan mengonsumsi obat yang berbeda secara terpisah.

Pengobatan kombinasi yang mengandung Olmesartan dan Rosuvastatin dari Daewoong Pharmaceutical dapat berkontribusi memudahkan proses pengobatan karena pasien tak perlu lagi mengkonsumsi dua obat untuk hipertensi dan dislipidemia secara terpisah dan dapat mengurangi beban ekonomi bagi pasien.

Dr. dr Antonia Anna Lukito, Sp.JP(K), seorang pakar kardiovaskular di Rumah Sakit Siloam dan Kepala Departemen Kardiovaskular di Universitas Pelita Harapan menjelaskan untuk menjaga kesehatan jantung di masa pandemi, dianjurkan untuk mengendalikan kolesterol dan hipertensi.

"Selain itu juga dengan pola hidup sehat seperti makan sehat dan berolahraga," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro