Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bill Gates Prediksi Dunia akan Mulai Normal Tahun 2021

Dalam posting blog di situsnya, Gates berpikir efek positif dari vaksin covid-19 akan terasa. Dan kehidupan akan jauh lebih dekat dengan normal daripada sekarang.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 31 Desember 2020  |  14:33 WIB
Telegraph.co.uk
Telegraph.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA - Miliarder Microsoft Bill Gates berpikir segalanya akan menjadi lebih baik tahun depan.

Dalam posting blog di situsnya, Gates berpikir efek positif dari vaksin covid-19 akan terasa. Dan kehidupan akan jauh lebih dekat dengan normal daripada sekarang.

Vaksin, dan keberhasilannya yang nyata, adalah alasan utama Gates optimis.

"Kami tidak hanya memiliki tiga vaksin yang tampaknya bekerja dengan sangat baik (Pfizer, Moderna dan AstraZeneca semuanya telah disetujui di Inggris), tetapi kami juga memiliki banyak vaksin yang bekerja serupa yang sedang dikembangkan dan, semoga, sedang dalam proses," ujarnya dilansir dari Metro.

Gates Foundation mendanai sebagian dari Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi, CEPI, yang telah membantu mendanai pengembangan beberapa vaksin jadi kemungkinan dia bisa melihat lanskap vaksin secara keseluruhan.

Jumlah vaksin berbeda yang berpotensi berhasil bukanlah satu-satunya alasan optimisme pendiri Microsoft. Gates juga menunjuk pada kesepakatan antara perancang dan produsen vaksin, untuk memastikan cukup dari 5-10 miliar dosis yang dibutuhkan yang diproduksi.

Semangat kerja sama ini, menurut Gates, dapat memastikan orang mendapatkan cukup banyak orang yang divaksinasi dengan lebih cepat. "Banyak perusahaan farmasi melihat manfaat bekerja sama dengan cara baru seperti ini," tulis Gates.

"Ini mirip dengan bagaimana, selama Perang Dunia II, AS meningkatkan kapasitas manufakturnya pada tingkat yang menakjubkan dengan mengubah pabrik mobil menjadi pabrik tangki dan truk. Namun, rintangan dalam mengangkut, mendistribusikan, dan benar-benar membuat orang-orang mengambil vaksin, adalah salah satu yang dia akui perlu diatasi," tambahnya.

Gates bahkan mengakui bahaya yang dapat ditimbulkan oleh teori konspirasi. Tapi dia tegas tentang mengapa dia mendanai vaksin, yakni karena mereka bersemangat menyelamatkan nyawa dan memastikan semua anak memiliki kesempatan untuk tumbuh menjadi dewasa.

Adanya perawatan sekunder, seperti Dexamethasone untuk pasien yang sakit parah dan monoklonal antibodi dan pembuatannya yang meluas untuk negara-negara berkembang, juga akan membantu meredam penyebaran yang merajalela menurut Gates.

Kombinasikan itu dengan pengujian yang lebih baik dan lebih akurat yang tidak memerlukan usap ke bagian belakang tenggorokan, dan gambaran keseluruhan mulai terlihat jauh lebih cerah.

Faktanya, meskipun Gates masih berhati-hati dalam memberi tanda kapan tepatnya pandemi akan berakhir, dia cukup optimis bahwa dia sudah mulai berpikir untuk menangani tantangan lain yang bisa dibilang lebih besar tahun depan.

'Kerja sama global adalah salah satu alasan mengapa saya melihat janji di tahun mendatang dan tidak hanya janji untuk mengendalikan pandemi,' tulis Gates

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bill gates Vaksin Covid-19
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top