Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penting! 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah Bagi Pasien Covid-19

Dokter Spesialis Paru dari Rumah Sakit Premier Bintaro Dr. Astri Indah Prameswari, Sp.P membagikan tips kepada para pasien positif Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 04 Januari 2021  |  14:01 WIB
Kenali gejala 'cabin fever' selama masa isolasi mandiri berkepanjangan. - Canberra Times
Kenali gejala 'cabin fever' selama masa isolasi mandiri berkepanjangan. - Canberra Times

Bisnis.com, JAKARTA - Seseorang yang terinfeksi positif Covid-19, tetapi tidak mengalami gejala biasanya akan diminta untuk menjalani isolasi mandiri di rumah.

Dikutip dari laman resmi Satgas Covid-19, pasien positif virus Corona tanpa gejala (OTG) yang menjalani isolasi mandiri di rumah, sebisa mungkin menghindari sentuhan dengan anggota keluarga lainnya agar tidak menularkan virus ke orang lain.

Dokter Spesialis Paru dari Rumah Sakit Premier Bintaro Dr. Astri Indah Prameswari, Sp.P membagikan tips kepada para pasien positif Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Berikut tips dan barang-barang yang harus disiapkan sebelum menjalani isolasi mandiri di rumah:

1. Sediakan Oxymeter
Dr. Astri mengatakan oxymeter berfungsi untuk mengukur saturasi oksigen di dalam tubuh masih berada di tingkat stabil. Dia mengatakan penderita dengan riwayat paru harus melakukan pengecekan saturasi oksigen secara rutin.

"Anda harus waspada bila saturasi oksigen di dalam tubuh Anda berada di bawah 95, terutama bagi Anda yang tidak memiliki riwayat sakit paru," kata Dr. Astri.

2. Gunakan Cairan Pembilas Hidung
Cairan pembilas hidung berfungsi untuk membantu membersihkan dan melancarkan saluran pernapasan. Apabila hidung terasa pilek atau sulit bernapas, maka Anda harus melakukan pembilasan.

"Lakukan pembilasan sebanyak tiga kali sehari," ujarnya.

3. Berkumur dengan Obat Kumur Antiseptic
Sama halnya dengan pembilas hidung, Anda juga bisa menggunakan obat kumur antiseptic sebanyak tiga kali sehari. Hal ini berguna untuk membersihkan virus yang ada di rongga mulut dan tenggorokan.

4. Latihan Pernapasan Secara Berkala
Latihan pernapasan berguna selama masa isolasi mandiri, sebab pasien Covid-19 terserang pada sistem pernapasan yang menyebabkan mereka sulit untuk bernapas.

Latihan pernapasan juga dapat menggunakan alat bantu, seperti sedoran dan gelas yang berisi air yang diberi cairan antiseptic. Caranya, dengan tarik napas melalui hidung, lalu buang napas melalui sedotan secara perlahan sampai udara di dalam paru terasa habis.

"Dengan membuang napas panjang, itu akan membantu untuk mengeluarkan udara kotor dari paru Anda," sambungnya.

5. Tidur Posisi Tengkurap
Dr. Astri menyarankan kepada pasien Covid-19 untuk mengubah posisi tidur menjadi tengkurap sesering mungkin. Caranya dengan mengunakan bantal yang menopang bagian dada dan wajah Anda. Ia juga mengatakan bahwa posisi seperti ini merupakan hal yang penting.

"Karena dalam keadaan tengkurap, pertukaran oksigen dari dalam paru menjadi lebih lancar," ujarnya.

6. Konsumsi Obat dan Vitamin
Selain kelima tips di atas, Dr. Astri juga menyarankan kepada pasien Covid-19 untuk mengonsumsi vitamin, seperti vitamin C, vitamin D3, dan Zinc sesuai anjuran dokter.

Meski demikian, ada hal yang harus Anda ingat. Walaupun Anda telah sembuh dari Covid-19, Anda tetap bisa terinfeksi kembali. Jangan lupa, patuhi protokol kesehatan dan jalani pola hidup sehat. Namun, apabila kondisi semakin memburuk, Anda harus memeriksakan diri ke rumah sakit atau melalui layanan telekonsultasi.

"Bila kondisi Anda semakin memberat, segera periksakan diri Anda ke rumah sakit atau melalui layanan telekonsultasi," jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Covid-19 isolasi mandiri
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top