Vaksin Sinovac berasal dari China. Indonesia melakukan memesan vaksin dari China dan beberapa negara yang menemukan vaksin/ugm.ac
Health

Simak Update Rencana Vaksinasi Virus Corona di Asia

Rezha Hadyan
Senin, 4 Januari 2021 - 16:40
Bagikan

Myanmar, Malaysia, Kamboja, dan Brunei

Myanmar 

Menteri Kesehatan Myint Htwe mengatakan pada 14 Desember bahwa vaksin yang disediakan oleh Covax untuk sekitar 20 persen dari populasi akan diluncurkan mulai bulan April, situs berita The Irrawaddy melaporkan. Belum diputuskan vaksin mana yang akan diberikan melalui program tersebut.

Para pejabat juga mengatakan mereka berniat membeli vaksin langsung dari produsen selama disetujui oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau badan pengatur di setidaknya tiga negara. Myanmar meminta hampir US$1 miliar dari Bank Dunia, Bank Pembangunan Asia, Dana Moneter Internasional, dan Badan Kerjasama Internasional Jepang untuk mendanai pembelian vaksin.

Malaysia

Pemerintah telah menandatangani kesepakatan untuk 12,8 juta dosis vaksin Pfizer-BioNTech, serta pakta untuk jumlah dosis yang sama dari Oxford-AstraZeneca - cukup untuk menutupi sekitar 40 persen populasi. Batch pertama vaksin diharapkan tiba pada Januari.

Para pejabat berjanji pada akhirnya akan mendapatkan cukup vaksin untuk mengimunisasi 70 persen populasi. Malaysia mengharapkan untuk menginokulasi 10 persen dari populasinya melalui Fasilitas Covax.

Kamboja

Perdana Menteri Hun Sen pada 15 Desember mengatakan pemerintahnya memiliki kesepakatan untuk membeli 1 juta dosis vaksin virus corona melalui Covax, meskipun dia tidak dapat mengatakan kapan mereka akan tiba.

Pembelian tersebut di atas alokasi inokulasi Covax negara berkembang untuk menutupi 20 persen populasi tanpa atau dengan biaya yang dikurangi.

Hun Sen mengatakan pemerintah akan mengalokasikan US $ 100 juta hingga US $ 200 juta untuk membeli cukup vaksin yang pada akhirnya mencakup 80 persen populasi, atau sekitar 13 juta orang Kamboja, tetapi hanya akan menggunakan vaksin yang disetujui oleh WHO.

Laos Departemen Pengendalian Penyakit Menular mengatakan pada 17 Desember bahwa negara itu akan memiliki vaksin "dalam tahun 2021", Laotian Times melaporkan.

Direktur Jenderal Rattanaxay Phetsouvanh mengatakan pihak berwenang akan menggunakan vaksin yang dibuat di Inggris, surat kabar tersebut melaporkan, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Pemerintah sebelumnya mengumumkan sedang mempertimbangkan uji coba Sputnik-V Rusia untuk kemungkinan diproduksi dan diluncurkan di seluruh negeri.

Brunei

Menteri Kesehatan Mohd Isham Jaafar mengatakan bulan lalu bahwa pemerintahnya sedang bernegosiasi dengan WHO dan produsen individu untuk mendapatkan vaksin bagi 70 persen dari populasi.

Awal bulan ini, menteri mengatakan dia memperkirakan gelombang pertama vaksin untuk menginokulasi 5 persen warga akan tiba pada kuartal pertama atau kedua 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro