Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Platform Digital untuk Asah Kemampuan Anda di 2021

Untuk meningkatkan kemampuan dan keteramplan di 2021, maka Anda bisa mengunduh beberapa aplikasi penting.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 04 Januari 2021  |  08:27 WIB
Aplikasi yang bisa diunduh untuk meningkatkan kapasitas diri. - ilustrasi
Aplikasi yang bisa diunduh untuk meningkatkan kapasitas diri. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat berbagai aktivitas bisa dilakukan dengan mudah dari mana saja dan kapan saja lewat platform daring, tak terkecuali mengasah keterampilan.

Berikut adalah platform daring yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kemampuan menggunakan perangkat komputer atau gawai.

1. Duolingo

Duolingo adalah platform belajar bahasa asing yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing, baik komunikasi lisan maupun tulisan. Terdapat 35 bahasa asing yang bisa dipelajari secara cuma-cuma lewat platform ini.

Belajar bahasa asing menggunakan Duolingo terbilang menyenangkan lantaran sifatnya interaktif, alih-alih satu arah seperti video pembelajaran yang selama ini lazim digunakan oleh sejumlah lembaga kursus bahasa asing. Anda diminta untuk menjawab sejumlah pertanyaan dalam berbagai format.

Serunya, lagi ada tingkatan pembelajaran yang seakan-akan menantang Anda untuk menyelesaikannya layaknya sebuah gim. Tentunya, hal tersebut makin membuat belajar bahasa asing menjadi aktivitas yang menyenangkan.

2. IndonesiaX

IndonesiaX sedikit berbeda dengan platform lainnya, karena platform tersebut lebih mirip kuliah umum di kampus yang digelar secara daring. Lewat IndonesiaX, Anda bisa menyimak pemaparan atau ceramah satu arah dari berbagai tokoh penting, baik akademik maupun praktisi di Tanah Air.

Semuanya bisa diakses secara cuma-cuma tanpa ada persyaratan khusus. Beberapa tokoh yang tercatat pernah memberikan kuliah umumnya di IndonesiaX adalah Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, Guru Besar Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) Rhenald Kasali, dan Wakil Rektor Universitas Airlangga Djoko Santoso.

3. MauBelajarApa.com

MauBelajarApa merupakan platform lokakarya daring terbesar di Indonesia. Tercatat ada lebih dari 1.000 kelas yang dapat Anda ikuti dari berbagai bidang, mulai dari fesyen, kuliner, kecantikan, kesehatan, bisnis, investasi, dan masih banyak lagi.

Kelas yang ada di platform ini bisa Anda ikuti secara cuma-cuma. Namun, jika Anda merasa apa yang diterima masih jauh dari cukup, masih ada kelas lanjutan yang bisa dipilih. Kelas lanjutan tersebut dapat diakses dengan biaya Rp250.000-Rp1 juta.

4. MiMo

Bagi Anda yang tertarik dengan dunia programming, platform yang satu ini bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan secara otodidak. MiMo menawarkan pelatihan beragam bahasa pemrograman seperti C, JavaScript, PHP, Phyton, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya memahami berbagai bahasa pemrograman saja, MiMo juga mengajak Anda untuk praktik langsung membuat situs web, aplikasi ponsel Android, atau membuat game ringan. Bahkan, platform tersebut juga memungkinkan Anda mengetahui celah-celah keamanan suatu sistem lewat praktik coding hacker.

aplikasi mimo coding

5. Skillshare

Sesuai dengan namanya, Skillshare akan membagikan berbagai pengetahuan dari banyak bidang untuk Anda. Platform yang dikembangkan di Amerika Serikat (AS) ini awalnya ditujukan bagi mahasiswa untuk mengisi waktu luangnya.

Seiring berjalannya waktu platform ini makin populer tidak hanya di kalangan mahasiswa saja. Saat ini, jutaan pengguna dari berbagai kalangan sudah bergabung di ribuan kelas kreatif dalam bidang desain, fotografi, videografi, menulis, animasi, musik, dan bisnis.

Serunya lagi, di Skillshare Anda akan bertemu dengan para anggota lain yang memiliki minat yang sama. Dengan demikian, Anda bisa berbagi pengalaman hingga membuat proyek baru bersama mereka.

6. TED Talk

Berbeda dengan platform lain yang memberikan pelatihan untuk menguasai kemampuan tertentu, TED Talk adalah platform yang dibuat untuk membantu Anda mengupayakan pencarian penyelesaian dari suatu masalah atau brainstorming.

TED Talk adalah platform yang dikembangkan oleh organisasi non-profit TED untuk melahirkan tokoh-tokoh inspiratif baru dari berbagai bidang di seluruh dunia. Tokoh-tokoh inspiratif yang menginisiasi lahirnya TED atau sudah terlebih dahulu bergabung hadir dalam 3.300 acara yang bisa ditonton dari mana saja.

Tentunya, semua acara tersebut dibuat untuk membangkitkan rasa ingin tahu Anda akan berbagai hal baru!

aplikasi yang banyak diunduh ted talk

7. Yummly

Platform yang satu ini cocok bagi Anda yang ingin belajar menjadi koki, memulai usaha kuliner, atau sekadar mengisi waktu di rumah lewat aktivitas memasak.

Berbeda dengan buku kumpulan resep masakan, Yummly tidak sekadar hanya menjelaskan bahan-bahan yang diperlukan serta langkah-langkah untuk membuat suatu hidangan. Platform ini dapat Anda gunakan untuk bereksperimen atau mencari ide resep baru berdasarkan bahan-bahan yang ada di dapur.

Tentunya, fitur tersebut akan sangat membantu Anda yang ingin menghasilkan kreasi hidangan baru dengan modal terbatas atau menghemat uang belanja harian. Membeli makanan terus menerus lewat layanan pesan antar pastinya bukan pilihan bijak di tengah kondisi yang tidak menentu seperti saat ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

aplikasi keterampilan
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top