Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Besok, Presiden Jokowi Akan Disuntik Vaksin Virus Corona Sinovac

Pemerintah pusat akan memulai vaksinasi virus corona (Covid-19) dengan menyuntikkan vaksin Sinovac pada Presiden Jokowi.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 12 Januari 2021  |  08:44 WIB
Presiden Jokowi akan disuntik vaksin virus corona (Covid-19) Sinovac pada Rabu (13/1/2021). - ilustrasi
Presiden Jokowi akan disuntik vaksin virus corona (Covid-19) Sinovac pada Rabu (13/1/2021). - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Vaksinasi virus corona di Indonesia akan dilakukan besok, Rabu (13/1/2021) untuk memutus pandemi.

Presiden Jokowi akan menjadi orang yang paling pertama disuntik vaksin virus corona (Covid-19) dari Sinovac, sebagai tanda bahwa bahwa vaksinasi dimulai.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa vaksinasi virus corona akan dimulai pada Rabu. Pemerintah akan melakukan vaksinasi setelah BPOM merilis izin penggunaan darurat (EUA) vaksin Sinovac di Indonesia.

Dia mengungkapkan jumlah orang yang terinfeksi virus corona semakin banyak usai liburan akhir tahun.

"Vaksinasi akan dimulai Rabu. Pemerintah tidak akan mendahului BPOM, kita tidak akan melakukan vaksinasi sebelum persetujuan dari BPOM keluar," ungkapnya, Selasa  (12/1/2021).

Sebelumnya, Kepala BPOM Penny K. Lukito mengungkapkan bahwa penerbitan EUA dilakukan setelah pihaknya melakukan kajian terhadap uji klinis fase III vaksin Covid-19 Sinovac yang dilakukan di Bandung. Selain itu, BPOM juga mengkaji hasil uji klinis vaksin Sinovac yang dilakukan di Turki dan Brasil.

Penny menyatakan bahwa vaksin Sinovac telah menunjukkan kemampuan dalam pembentukan antibodi dan kemampuan antibodi di dalam tubuh untuk membunuh atau menetralkan virus atau imunogenisitas.

"Hasil uji klinis di Bandung menunjukkan imunogenisitas yang baik," kata Penny dalam keterangan pers, Senin (11/1/2021).

Tingkat kemanjuran atau efikasi vaksin virus corona (Covid-19) berdasarkan hasil uji klinis di Bandung ialah 65,3 persen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Covid-19 Sinovac
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top