Obat radang sendi asal Jepang kini digunakan untuk mengurangi tingkat kematian pada pasien virus corona (Covid-19)./Takeda
Health

Peneliti Terbaru: Obat Radang Sendi Jepang Efektif Untuk Virus Corona

Rezha Hadyan
Selasa, 12 Januari 2021 - 10:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tim peneliti yang berbasis di Inggris mengatakan sebuah obat radang sendi yang dikembangkan di Jepang dapat secara signifikan meningkatkan kelangsungan hidup pasien Covid- 19 yang kondisinya kritis kritis.

Melansir Perusahaan Penyiaran Jepang (Nippon Hoso Kyokai/NHK) pada Selasa (12/1/2021), para peneliti dari Imperial College London dan di tempat lain melaporkan penemuan mereka dari sebuah uji klinis obat radang sendi, Actemra, yang juga dikenal dengan tocilizumab.

Para peneliti itu mengatakan tingkat kematian sebelumnya mencapai 35,8 persen dari sekitar 400 pasien dalam kelompok pantauan, kemudian berkurang lebih dari 7 poin menjadi 28 persen untuk sekitar 350 orang yang menerima obat tersebut.

Tim peneliti itu mengatakan obat radang sendi lain juga menunjukkan efek yang serupa.

Actemra sebelumnya dikembangkan oleh Universitas Osaka dan Perusahaan farmasi Jepang, Chugai. Obat itu diharapkan membantu mencegah reaksi berlebihan dari sistem imun.

Pemerintah Inggris mengatakan dalam situs webnya bahwa pihaknya mendorong penggunaan obat tersebut untuk menangani pasien Covid-19 yang berada dalam unit layanan intensif atau intensive care unit (ICU).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro