Para pejalan kaki di Shibuya, Tokyo, Jepang, pada 26 Maret 2020 mengenakan masker untuk mencegah penyebaran virus corona jens Covid-19./Bloomberg/Kiyoshi Ota
Health

Jepang Lakukan Tes Antigen Covid-19 ke Orang Tanpa Gejala

Rezha Hadyan
Senin, 18 Januari 2021 - 08:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan Jepang berencana memperluas tes antigen untuk mendeteksi virus corona bagi orang-orang tanpa gejala.

Tes antigen lebih sederhana dan lebih cepat dibandingkan tes usap polymerase chain reaction (PCR) konvensional. Saat ini tes antigen hanya terbatas untuk orang-orang dengan gejala karena tes antigen dikatakan tidak seakurat tes PCR.

Mengutip Perusahaan Penyiaran Jepang (Nippon Hoso Kyokai/NHK) pada Senin (18/1/2021), Kementerian Kesehatan Jepang menyatakan bahwa para peneliti di Jepang menemukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam tingkat akurasi hasil tes antara kedua cara ini selama terdapat virus dalam jumlah yang cukup.

Kementerian telah memutuskan untuk melakukan tes antigen di lembaga-lembaga medis dan rumah perawatan lansia pada staf, pasien, dan penghuni lansia. Jika hasil tes positif, tes usap PCR akan dilakukan untuk memastikannya.

Para pejabat Kementerian Kesehatan Jepang mengatakan melakukan tes massal secara rutin di fasilitas-fasilitas tersebut akan membantu segera menemukan pembawa virus dan mencegah penularan klaster.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro