Vaksin buatan Pfizer yang disetujui Inggris
Health

Ahli Sebut Tak Usah Khawatir Suntik Vaksin usai Puluhan Lansia Meninggal Dunia

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 19 Januari 2021 - 07:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para ahli mengatakan tidak ada alasan untuk khawatir atas laporan orang tua meninggal setelah diberi vaksin covid-19.

Mereka mengatakan kasus kematian itu harus ditangani dengan hati-hati karena mereka semua adalah individu berisiko tinggi.

"Semua laporan tentang masalah keselamatan harus ditanggapi dengan serius, tetapi laporan awal [dari Norwegia] tidak mengungkapkan alasan untuk khawatir," kata Jerome Kim, direktur jenderal Institut Vaksin Internasional dilansir dari SCMP.

Minggu lalu dilaporkan bahwa 29 orang lanjut usia telah meninggal di Norwegia setelah menerima dosis pertama dari vaksin yang dibuat oleh Pfizer-BioNTech. Sejauh ini, Norwegia telah menginokulasi lebih dari 40.000 orang lanjut usia.

Badan Obat Norwegia mengatakan bahwa semua orang yang meninggal juga memiliki "komorbid yang serius", Bloomberg melaporkan pada hari Sabtu.

“Kebanyakan orang telah mengalami efek samping yang diharapkan dari vaksin, seperti mual dan muntah, demam, reaksi lokal di tempat suntikan, dan memburuknya kondisi yang mendasarinya,” katanya.

Pfizer mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya bekerja dengan regulator Norwegia dan jumlah insiden sejauh ini "tidak mengkhawatirkan" dan "sesuai dengan harapan".

Kim, dari International Vaccine Institute, mengatakan kematian di antara orang tua di panti jompo masih diperkirakan.

“Mengingat risikonya, kemampuan vaksin ini untuk melindungi terhadap gejala penyakit Covid-19 adalah jenis perlindungan yang Anda harapkan akan terlihat pada populasi ini, yang berisiko khusus untuk hasil yang buruk jika mereka tertular Covid-19,” kata Kim.

Di Norwegia, sekitar 400 penghuni panti jompo meninggal secara normal setiap minggu, menurut British Medical Journal.

Investigasi lebih lanjut dan evaluasi yang lebih rinci, termasuk otopsi, sedang dilakukan untuk menentukan apakah ada penyebab umum kematian, kata Kim, sementara otoritas kesehatan harus mengklarifikasi jika kumpulan vaksin umum digunakan.

Meskipun tidak jelas kapan tepatnya kematian terjadi, Norwegia telah memberi setidaknya satu dosis kepada sekitar 42.000 orang dan berfokus pada mereka yang dianggap paling berisiko jika mereka tertular virus, termasuk orang tua.

Otoritas kesehatan Norwegia telah mengubah rekomendasi mereka tentang penggunaan vaksin untuk mempertimbangkan mengecualikan orang yang sakit parah, kata Pfizer pada hari Senin.

Perusahaan mengatakan bahwa regulator akan menyelidiki semua kematian untuk melihat apakah mereka terkait dengan vaksin.

Vaksin, yang dikembangkan bersama oleh perusahaan AS dan Jerman, juga telah diberikan kepada jutaan orang di Inggris dan Amerika Serikat.

Uni Eropa menyetujui penggunaannya bulan lalu dan Jepang berharap bisa menyetujuinya pada pertengahan Februari.

Di Inggris, negara Barat pertama yang menyetujui vaksin Pfizer-BioNTech, lebih dari separuh populasinya yang berusia di atas 80 tahun telah mendapatkan vaksin virus korona, menurut sekretaris kesehatan Matt Hancock.

Abrar Ahmad Chughtai, seorang ahli epidemiologi dari sekolah kesehatan penduduk di Universitas New South Wales di Australia, mengatakan salah satu pilihan adalah menunda pemberian vaksin kepada mereka yang sangat tua sampai lebih banyak data tersedia.

Meski kematian Norwegia mungkin tidak terkait dengan vaksin, otoritas kesehatan perlu waspada dan memeriksa data dari negara lain, katanya.

“Jutaan dosis vaksin Pfizer telah didistribusikan dan tidak ada satu kasus pun yang meninggal di tempat lain. Jika memang ada masalah nyata, maka orang yang sangat lanjut usia di beberapa negara bisa mati juga, ”katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro