Pengemudi Ojek Online membeli pesanan makanan yang diorder dari aplikasi di Jakarta. Bisnis/Arief Hermawan P
Health

Pesan Makanan Online Bisa Tertular Corona Atau Tidak?

Rika Anggraeni
Kamis, 21 Januari 2021 - 13:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di masa pandemi Covid-19, satu opsi memenuhi kebutuhan makan adalah membeli makanan dan minuman melalui aplikasi dalam jaringan. Namun, masih banyak masyarakat yang khawatir akan penyebaran virus Corona dalam prosesnya. 

Dokter umum kandidat PhD bidang Medical Science di Kobe University, Adam Prabata menjawab kekhawatiran masyarakat melalui akun Instagram resminya @adamprabata.

Adam mengatakan bahwa makanan dan minuman yang dibeli dari luar rumah tidak terbukti dapat menyebabkan penularan virus Covid-19.

Dengan mengutip dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), hingga saat ini tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa virus Covid-19 dapat menular melalui makanan dan minuman.

Adam mengatakan risiko penularan Covid-19 dapat terjadi apabila terdapat virus di bungkus makanan dan minuman, tetapi kemungkinannya kecil.

Dia memberikan ilustrasi yang terjadi saat seseorang menerima bungkus makanan dan minuman.

Apabila tangan menyentuh bungkus makanan minuman yang terdapat virus penyebab Covid-19. Kemudian, tangan menyentuh permukaan hidung, mulut, atau mata setelah itu akan terjadi penularan Covid-19.

Untuk mencegah penularan virus, maka terlebih dahulu untuk mencuci tangan baik setelah menerima makanan dan minuman, setelah memasak atau mengolah makanan atau minuman, dan sebelum makan.

"Cuci tangan setelah menerima atau mengolah makanan serta sebelum makan dapat meminimalisir pencegahan Covid-19 saat membeli makanan dan minuman dari rumah," kata Adam, mengutip dari akun Instagram @adamprabata, Kamis (21/1/2020).

Sementara itu untuk buah dan sayur, Adam menyarakan untuk terlebih dahulu dicuci dengan air yang mengalir dari keran. Setelahnya, biasakan  mencuci tangan sebelum makan.

"Jangan mencuci [buah dan sayur] dengan sabun, pemutih, alkohol, disinfektan atau bahan kimia lain," jelasnya,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro