Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apakah Cuka Merupakan Disinfektan dan Membunuh Virus Corona?

Cuka putih terdiri dari 5 hingga 10 persen asam asetat dan sekitar 90 hingga 95 persen air. Asam asetat sangat bagus dalam melarutkan kotoran. Akan tetapi, Environmental Protection Agency (EPA) belum mendaftarkan cuka sebagai disinfektan karena tidak dapat membunuh semua bakteri.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 01 Februari 2021  |  08:45 WIB
Cuka
Cuka

Bisnis.com, JAKARTA – Cuka putih (white vinegar) adalah produk pembersih rumah tangga tradisional dan serbaguna. Belakangan muncul pertanyaan tentang produk ini dengan Covid-19. Apakah cuka putih merupakan disinfektan? Atau apakah produk itu dapat membunuh virus corona?

Cuka putih terdiri dari 5 hingga 10 persen asam asetat dan sekitar 90 hingga 95 persen air. Asam asetat sangat bagus dalam melarutkan kotoran. Akan tetapi, Environmental Protection Agency (EPA) belum mendaftarkan cuka sebagai disinfektan karena tidak dapat membunuh semua bakteri.

Cuka ini dapat membunuh beberapa bakteri seperti E. coli, Salmonella, dan Listeria monocytogenes. Ada banyak disinfektan rumah tangga yang dapat membunuh membunuh hingga 99,9 persen kuman, jadi ada baiknya produk ini digunakan untuk menyeka permukaan rumah.

Namun demikian, cuka tidak dapat membunuh virus berbahaya seperti virus corona. Sabun dan air, banyak disinfektan bermerek, pemutih, hidrogen peroksida, dan isopropil alkohol yang dapat membunuh virus tersebut.

Meskipun cuka putih tidak dapat membunuh virus atau berbagai jenis bakteri, cuka masih merupakan pembersih yang efektif. Berikut ini adalah 5 hal yang direkomendasikan Lynsey Queen of Clean untuk dibersihkan menggunakan cuka putih, seperti dikutip Express UK, Senin (1/2).

1. Jendela dan Cermin

Lynsey yang dikenal sebagai ratu kebersihan merekomendasikan orang untuk membersihkan jendela dan cermin dengan cuka. “Saya menyimpan botol semprotan yang berisi setengah cuka dan setengah air, lalu menyeka jendela dan cermin yang bersih dengan kain bebas serat,” katanya.

2. Wastafel

Cuka putih dapat menghilangkan bau tidak sedap. Untuk itu, dia merekomendasikan orang untuk menyeka bagian wastafel secara rutin.

“Digunakan dengan bikarbonat, dapat menghilangkan bau tidak sedap dari wastafel dan menjaga agar wastafel Anda bebas dari kotoran,” ujarnya.

3. Limescale

Kerak dan air sadah sangat sulit untuk dihilangkan, tetapi cuka putih bisa melakukan hal itu. Semprotan cuka putih memiliki manfaat yang banyak dalam kehidupan sehari-hari untuk menghilangkan kotoran.

Produk ini juga bisa untuk membersihkan kerak ketel. Lynsey mengatakan cukup isi ketel dengan setengah air dan setengah cuka dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu, rebus ketel, kosongkan, dan bilas hingga bersih.

4. Noda Karpet

Banyak orang menumpahkan minuman atau menjatuhkan makanan yang berantakan ke karpet dan bukan hal yang mudah untuk menghilangkan noda yang dihasilkan. Namun, cuka putih dapat membantu hal tersebut.

“Cukup campur air dan cuka putih, tambahkan ke botol semprot. Lalu semprotkan area yang ditandai dan biarkan selama lima menit, setelahnya bersihkan noda dengan menggunakan kain putih atau handuk,” tuturnya.

5. Lemari Es

Cuka putih juga dapat menghilangkan bau dan membersihkan lemari es. Lynsey menyarankan campuran air hangat dan cangkir putih untuk menyeka bagian dalam lemari es termasuk rak, dinding, dan kemasan.

“Kulkas Anda akan bersih dan berbau bersih tanpa merusak makanan dengan bahan kimia yang keras,” kata Lynsey.

6. Mesin Cuci

Memasukkan cuka putih ke dalam siklus pencucian dapat meningkatkan tampilan pakaian dan membersihkan mesin tersebut. Disarankan menambahkan satu botol penuh cuka putih ke dalam mesin jika Anda merasa cucian terlihat sedikit kusam.

“Cukup tambahkan dua tutup botol ke dalam kompartemen deterjen dan kemudian jalankan siklus panas untuk menyegarkan mesin. Itu akan membantu membersihkan mesin cuci,” katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona disinfektan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top