Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

OTG Covid-19, Kapan Isolasi Mandiri Virus Corona Bisa Selesai?

Hasil swab PCR masih dapat positif setelah pasien dinyatakan sembuh, akan tetapi risiko penularan virus corona (Covid-19) minimal karena mayoritas hasil kultur virus negatif.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 05 Februari 2021  |  13:43 WIB
Orang tanpa gejala Covid-19 (virus corona) bisa melakukan isolasi mandiri. Hasil swab PCR masih dapat positif setelah pasien dinyatakan sembuh, akan tetapi risiko penularan Covid-19 minimal. - ilustrasi
Orang tanpa gejala Covid-19 (virus corona) bisa melakukan isolasi mandiri. Hasil swab PCR masih dapat positif setelah pasien dinyatakan sembuh, akan tetapi risiko penularan Covid-19 minimal. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi virus corona (Covid-19) yang belum berakhir telah meningkatkan jumlah orang-orang yang terinfeksi.

Sebagian orang yang didiagnosa terinfeksi virus corona telah melakukan  isolasi mandiri hingga belasan hari tetapi gejala tersebut masih saja muncul. Lantas apa hal apa yang harus dilakukan?

Mengutip dari Instagram dokter Adam Prabata (@adamprabata) mengungkapkan orang tanpa gejala (OTG) memiliki hasil swab PCR positif harus melakukan isolasi mandiri.

Bagi orang yang tanpa gejala dan gejala ringan, maka virus corona masih dapat menulari pada 8-10 hari pasca gejala atau saat diketahui terinfeksi.

Namun, setelah melakukan isolasi mandiri lebih dari 10 hari maka orang tersebut tidak akan menularkan virus corona ke orang lain.

Bagi orang yang terinfeksi virus corona dengan gejala berat, maka harus melakukan isolasi hingga 83 hari untuk pulih dan tidak menularkan ke orang lain.

"Hasil PCR Covid-19 positif tidak selalu menunjukkan seseorang dapat menularkan Covid-19 atau tidak. Isolasi yang terlalu lama juga tidak  efisien," ungkapnya dalam Instagram.

Adam juga mengungkapkan hasil PCR Covid-19 positif dapat bertahan dalam jangka waktu lama hinga 83 harus setelah bergejala. Padahal pasien sudah tidak bergejala dan tidak menularkan ke orang lain.

"Hasil PCR masih dapat positif setelah pasien dinyatakan sembuh, akan tetapi risiko penularan Covid-19 minimal karena mayoritas hasil kultur virus negatif," ungkapnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Covid-19 isolasi mandiri
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top