Orang tanpa gejala Covid-19 (virus corona) bisa melakukan isolasi mandiri. Hasil swab PCR masih dapat positif setelah pasien dinyatakan sembuh, akan tetapi risiko penularan Covid-19 minimal./ilustrasi
Health

OTG Covid-19, Kapan Isolasi Mandiri Virus Corona Bisa Selesai?

Novita Sari Simamora
Jumat, 5 Februari 2021 - 13:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi virus corona (Covid-19) yang belum berakhir telah meningkatkan jumlah orang-orang yang terinfeksi.

Sebagian orang yang didiagnosa terinfeksi virus corona telah melakukan  isolasi mandiri hingga belasan hari tetapi gejala tersebut masih saja muncul. Lantas apa hal apa yang harus dilakukan?

Mengutip dari Instagram dokter Adam Prabata (@adamprabata) mengungkapkan orang tanpa gejala (OTG) memiliki hasil swab PCR positif harus melakukan isolasi mandiri.

Bagi orang yang tanpa gejala dan gejala ringan, maka virus corona masih dapat menulari pada 8-10 hari pasca gejala atau saat diketahui terinfeksi.

Namun, setelah melakukan isolasi mandiri lebih dari 10 hari maka orang tersebut tidak akan menularkan virus corona ke orang lain.

Bagi orang yang terinfeksi virus corona dengan gejala berat, maka harus melakukan isolasi hingga 83 hari untuk pulih dan tidak menularkan ke orang lain.

"Hasil PCR Covid-19 positif tidak selalu menunjukkan seseorang dapat menularkan Covid-19 atau tidak. Isolasi yang terlalu lama juga tidak  efisien," ungkapnya dalam Instagram.

Adam juga mengungkapkan hasil PCR Covid-19 positif dapat bertahan dalam jangka waktu lama hinga 83 harus setelah bergejala. Padahal pasien sudah tidak bergejala dan tidak menularkan ke orang lain.

"Hasil PCR masih dapat positif setelah pasien dinyatakan sembuh, akan tetapi risiko penularan Covid-19 minimal karena mayoritas hasil kultur virus negatif," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro