Puncak Gunung Semeru terlihat dari Desa Ranu Pane, Senduro, Lumajang, Jawa Timur/Antara-Seno S
Travel

Mengenal Lahar Dingin Gunung Semeru yang Sempat Viral

Yudi Supriyanto
Rabu, 10 Februari 2021 - 17:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Beberapa waktu belakangan ini lahar hujan atau yang kerap disebut lahar dingin menerjang Gunung Semeru. Dalam sebuah video yang beredar di media sosial, lahar hujan tersebut sempat menyeret sebuah mobil.

Kejadian yang terjadi di Gunung Semeru itu pun sontak ramai, dan menjadi viral. Lalu, apa itu lahar hujan atau yang kerap disebut lahar dingin oleh banyak orang?

Berdasarkan file Pengenalan Gunung Api dalam laman Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, lahar hujan terjadi apabila endapan material lepas hasil erupsi gunung api yang diendapkan pada puncak dan lereng terangkut oleh hujan atau air permukaan.

Aliran lahar ini berupa aliran lumpur yang sangat pekat sehingga dapat mengangkut material berbagai ukuran. Bongkahan batu berdiameter lebih dari 5 meter bahkan dapat mengapung pada aliran lumpur ini. Lahar juga dapat mengubah topografi sungai yang dilalui dan merusak infrastruktur.

Selain lahar hujan, terdapat juga lahar letusan yang yang terjadi pada gunung api yang memiliki danau kawah. Apabila volume air alam kawah cukup besar, maka akan menjadi ancaman langsung saat terjadi letusan dengan menumpahkan lumpur panas.

Untuk diketahui, berdasarkan video yang terdapat dalam akun instagram @mountnesia, video berdurasi 30 menit tersebut menunjukkan lahar hujan di Gunung Semeru menyeret sebuah mobil di DAM Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro