Situs dan aplikasi streaming film legal Viu / Tangkapan layar Viu.com
Entertainment

Viu, jadi Layanan Streaming Video dengan Jumlah Pengguna Terbanyak di Asia Tenggara

Nirmala Aninda
Kamis, 11 Februari 2021 - 16:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Laporan terbaru AMPD Media Partners Asia (MPA) menunjukkan bahwa Viu menduduki posisi teratas dalam kategori jumlah pengguna, serta peringkat kedua untuk pelanggan berbayar dan menit streaming di antara video streaming platform utama di Asia Tenggara.

Hingga saat ini, layanan streaming video OTT pan-regional itu telah meraih 45 juta monthly active users (MAU) dan 5,3 juta pelanggan berbayar.

Pelanggan berbayar tumbuh 47% secara tahunan pada tahun 2020.

Viu mencatat pertumbuhan yang tinggi dalam monetisasi dengan overall revenue naik 30%.

Janice Lee, Chief Executive Officer Viu dan Managing Director PCCW Media Group, mengungkapkan pencapaian ini didorong subscription revenue sebagai pendorong utama yang meningkat 62% secara tahunan.

Viu juga mengungguli tingkat pertumbuhan pasar video OTT di kawasan Asia Tenggara dan Taiwan atau Greater Southeast Asia (GSEA) dengan pertumbuhan pendapatan 63%, dibandingkan pertumbuhan pendapatan di kawasan GSEA secara keseluruhan sebesar 17%, berdasarkan laporan MPA.

“Pengalaman kami melalui engagement dan interaksi dengan Viu-ers di 16 negara sangat luar biasa dan telah membantu kami terus meningkatkan layanan. Kami berterima kasih atas dukungan Viu-ers dan sangat bersemangat untuk menghadirkan lebih banyak konten terbaik kepada mereka di tahun 202," ujar Janice melalui siaran pers yang diterima Bisnis (11/2).

Engagement dan pertumbuhan Viu secara keseluruhan didukung beragam konten premium dari Asia serta produksi Viu Original yang sukses memenangkan penghargaan, seperti Pretty Little Liars, My Bubble Tea, dan The Bridge Season 2.

Layanan OTT ini juga menayangkan sejumlah konten dari Korea Selatan yang banyak dinanti dan tayang secara eksklusif di Viu seperti Mr. Queen dan True Beauty.

Keduanya merupakan drama peringkat teratas di Viu di kawasan Asia Tenggara saat ini. Drama populer lain yang juga memiliki performa sangat baik adalah The Penthouse, Alice, Tale of the Nine Tailed dan Lie After Lie.

Viu juga menyiapkan lebih dari 10 drama Korea untuk dirilis sepanjang Februari dan Maret, di antaranya River Where the Moon Rises, The Penthouse 2, Times, Mouse, L.U.C.A: The Beginning, Dear. M, Great Real Estate, Summer Guys, Love Scene Number dan Breakup Probation, A Week.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nirmala Aninda
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro