Ilustrasi Obat COvid-19./Antara
Health

Wow, Obat Pengencer Darah Bisa Turunkan Risiko Kematian Akibat Covid-19

Mutiara Nabila
Jumat, 12 Februari 2021 - 08:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sebuah studi menemukan obat pengencer darah bisa digunakan untuk mengurangi risiko kematian akibat Covid-19.

Dilansir Bloomberg pada studi publikasi British Medical Journal yang terbit Jumat (12/2/2021), sekitar 14 persen dari pasien yang diberikan obat pengencer darah atau antikoagulan meninggal karena Covid-19 dalam 24 jam setelah masuk rumah sakit. Namun, jumlah ini lebih sedikit dibandingkan dengan 19 persen pasien yang tidak meninggal dunia.

Para pasien mendapatkan suntikan heparin, pengencer darah yang dijual secara generik dari produsen obat Teva Pharmaceutical Industries Ltd.

Saat ini, para ilmuwan tengah mencari kemungkinan adanya obat dengan harga terjangkau yang bisa membantu mengurangi keparahan serangan Covid-19 karena sudah banyak perawatan yang rumit dan mahal tapi hasilnya mengecewakan.

Salah satu pengobatan murah yang sudah mencatatkan sukses besar di antaranya ada penggunaan dexamethasone, obat steroid yang ternyata menunjukkan penurunan risiko kematian hingga sepertiga pasien yang sudah menggunakan ventilator.

Penemuan data penggunaan obat pengencer darah didasarkan pada percobaan ke 4.000 pasie, ebanyakan pria, dari Departemen Urusan Veteran AS. Mereka adalah yang dirawat di rmah sakit pada 1 Maret – 31 Juli 2020 dengan indikasi Covid-19.

Merujuk pada studi tersebut, pasien yang mendapatkan antikoagulan atau pengencer darah tidak memiliki risiko perdarahan.

Kendati demikian, studi ini masih berupa hasil observasi, yang artinya masih perlu dikonfirmasi kembali melalui uji klinik yang beberapa sudah mulai dilakukan.

Berdasarkan riset tersebut, obat pengencer darah kemungkinan memberikan hasil karena Covid-19 kemungkinan menyebabkan pengentalan atau penggumpalan darah yang menyebabkan kematian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Ropesta Sitorus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro