Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Platform Video Pendek Ini Beri Panggung Konten Kreator Unjuk Bakat, Berhadiah Puluhan Juta

Hasil riset Cisco Annual Internet Report menunjukkan peningkatan tren konten video pendek bisa mencapai 82 persen pada 2022 mendatang.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 18 Februari 2021  |  13:48 WIB
Era digital merubah gaya hidup di dunia. Pada era digital semua orang dapat terhubung dan semua orang dapat membuat konten hingga mengomentari konten apapun di sana.  - Bisnis/Himawan L Nugraha
Era digital merubah gaya hidup di dunia. Pada era digital semua orang dapat terhubung dan semua orang dapat membuat konten hingga mengomentari konten apapun di sana. - Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Kemunculan media sosial membuat orang berlomba-lomba menunjukkan bakat dan kebolehannya. Terlebih saat ini tren platform pembuatan video pendek makin digandrungi banyak orang.

Berdasarkan hasil riset  Cisco Annual Internet Report menunjukkan peningkatan tren konten video pendek bisa mencapai 82 persen pada 2022 mendatang. Platform-platform video pendek tersebut menyediakan berbagai kemudahan dalam membuat video pendek seperti alat pengeditan video, hingga fitur-fitur yang simple.

Dengan berbagai kemudahan tersebut mendorong antusiasme masyarakat berkarya dan menjadi seorang content creator.

Country Manager of Likee Indonesia, Theon Hsu mengatakan bahwa Indonesia memiliki banyak content creator yang berbakat dan kreatif sehingga mereka tergerak menciptakan ‘panggung’ bagi generasi muda untuk mengekspresikan diri mereka dan menunjukkan bakatnya.

“Kami lantas mengadakan kontes ‘Likee Star Idol’ untuk mencari content creator paling berbakat di Indonesia. Kontes yang telah diadakan pada 4 hingga 7 Februari mencari 75 content creator berbakat yang kemudian akan melanjutkan langkahnya menuju babak final,” tuturnya, dalam keterangan resmiKamis (18/2/2021)

Pada babak pertama, Likee menantang para content creator mengekspresikan diri dan menunjukkan bakatnya dengan membuat video pendek sesuai kategori yang dikuasainya. Ada berbagai kategori yang diadakan Likee, untuk memastikan setiap orang dengan bakat berbeda bisa ikut serta dalam Likee Star Idol:

1. Beauty

Kategori ini diperuntukkan bagi para content creator yang mempunyai keahlian dalam merias wajah. Beberapa video make-up kreatif dan menginspirasi yang bisa disaksikan antara lain karya face painting oleh Yayat (@muhfadlyhidayat) atau penampilan sebelum dan sesudah make-up milik Ovie (@ovienoviera).

2. Drama

Likee juga menantang para content creator yang bertalenta dalam berakting. Para content creator diminta membuat drama dengan mengikuti tema lagu Dokter Cinta yang dipopulerkan oleh Dewi Dewi dan mengunggahnya dengan tema #NyinyirOnline.

Banyak content creator yang mengajak teman-temannya untuk membuat video yang super kreatif seperti milik Zayyan Sakha (@ZayyanSakha04) dengan lebih dari 41.000 likes. Selain itu, content creator lain yang dikenal dengan video dramanya adalah Maisa Chantika (@chantika1556) yang berhasil memperoleh 100.000 views.

3. Musik

Sesuai dengan namanya, Likee menantang para content creator yang menyukai musik untuk bernyanyi, menunjukkan kemahiran dalam membuat video lipsync. Lagu berjudul Katakan Saja (#KatakanSaja) yang dipopulerkan oleh Kifnu menjadi tema utama dalam kontes ‘Likee Star Idol’ kategori Musik.

Salah satu yang berhasil dengan bakat lipsync-nya dan mencuri lebih dari 2.000 likes dari penonton ialah Syahrinaputry_BQ (@syahrinaputry_BQ). Dia mampu menunjukkan kemampuan lipsync dan mengekspresikan lirik lagunya dengan tepat.

4. Game

Mau tahu sejago apa para content creator Likee dalam bermain game? #SamaSamaMain merupakan tantangan untuk para gamer yang juga content creator di Likee. Mereka menunjukkan kepada semua orang kemahiran dalam memenangkan permainan dan mendapatkan poin tertinggi.

Beberapa juga menunjukkan skill terapiknya saat bermain mobile game seperti MLBB, PUBG, dan Free Fire, seperti milik Wahyu (@wahyukadeoo1) dan berhasil mendapatkan lebih dari 10.000 jumlah likes.

5. Olahraga

Likee juga menyediakan ruang untuk content creator yang suka dengan aktivitas fisik dan berolahraga. Kamu bisa menemukan berbagai macam aktivitas olahraga dan inspirasi cara hidup sehat seperti milik Raden Bostony (@raden03) yang menarik perhatian dari awal babak penyisihan. Selain menantang para content creator, video-video yang terkumpul dalam tagar #2021HidupSehat dapat menjadi inspirasi untuk kamu dalam menjaga kesehatan di tengah pandemi seperti saat ini.

Pada babak final, para peserta ini harus membuat video dan mengadakan live streaming pada aplikasi Likee. Pemenang akan ditentukan dari nilai akumulasi masing-masing peserta berdasarkan tiga hal, yaitu jumlah likes video Instagram, jumlah likes video Likee, dan jumlah penonton live streaming.

Lima pemenang content creator terbaik akan diumumkan pada 21 Februari mendatang dan berkesempatan untuk mendapatkan total hadiah dengan nilai mencapai 1.500 dolar AS atau setara dengan 21 juta rupiah.

“Likee membuka kesempatan bagi seluruh pengguna Likee dan masyarakat luas untuk ikut serta dalam memilih content creator berbakat. Harapannya hal ini dapat membuat para content creator merasa terapresiasi atas karyanya dan mendorong lebih banyak orang untuk terus berkreativitas,” kata Theon.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

media sosial video content creator
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top