Anak kembar identik, Kahinde dan Taiwo Kolawole berfoto di Igbo Ora, Oyo State, Nigeria/Reuters
Health

12 Faktor yang Dapat Meningkatkan Peluang Kehamilan Kembar

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 18 Februari 2021 - 03:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak faktor yang berperan penting dalam meningkatkan kemungkinan hamil anak kembar.

Beberapa faktor ini wajar seperti riwayat keluarga kembar sementara yang lain bergantung pada metode pengobatan dan fisik wanita.

Yang perlu diperhatikan, ada dua jenis kembar yakni kembar identik dan kembar fraternal. Kembar identik lahir sebagai hasil dari telur yang dibuahi membelah menjadi dua embrio, sedangkan kembar fraternal lahir sebagai hasil dari dua telur yang dibuahi dengan dua sperma.

Konsepsi kembar identik adalah hal yang wajar, sedangkan konsepsi kembar fraternal terutama dipengaruhi oleh banyak faktor.

Berikut faktor-faktor yang dapat meningkatkan kemungkinan hamil kembar atau kembar fraternal seperti dilansir dari Boldsky.com

1. Genetika

Riwayat keluarga kembar dianggap sebagai alasan utama untuk hamil anak kembar secara alami. Jika ada riwayat anak kembar fraternal dari sisi ibu, kemungkinan konsepsi kembar akan meningkat dan jika gen berada di kedua sisi keluarga (ayah dan ibu keduanya), maka kemungkinannya lebih besar. Faktor lainnya adalah usia ibu; jika sudah di atas 30 tahun dengan riwayat anak kembar, otomatis peluangnya akan naik. Bagi pasangan dengan riwayat keluarga kembar, konseling genetik pranatal sangat penting dilakukan untuk mencegah komplikasi kehamilan.

2. Riwayat Kembar

Sebelumnya Studi mengatakan bahwa jika Anda sudah memiliki anak kembar (mungkin kembar fraternal) dari kehamilan sebelumnya, ada peningkatan kemungkinan hamil dengan persaudaraan kembar lagi. Peluangnya ada di rasio 1:12. Namun, jika Anda memiliki anak kembar identik, maka peluang untuk pasangan kembar identik lainnya sangat rendah menjadi sekitar 1: 70000.

3. Usia ibu

Menurut sebuah penelitian, kemungkinan hamil anak kembar meningkat seiring dengan usia ibu. Data dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa kelahiran kembar menyumbang 6,9 persen dari bayi baru lahir yang lahir dari wanita dengan usia di atas 40 tahun, 5,0 persen untuk wanita antara usia 35-39 dan 4,1 persen untuk wanita antara 30-34 tahun, diikuti oleh 3,1 persen untuk wanita berusia antara 30-34 tahun. 25-29, 2,2 persen untuk 18-24 dan 1,3 persen untuk 15-17. 

4. Berat Badan

Beberapa penelitian mengatakan bahwa wanita gemuk atau wanita dengan BMI 30 lebih tinggi memiliki kemungkinan kembar dizygous dibandingkan wanita dengan berat badan yang sehat. . Hal ini bisa disebabkan karena peningkatan kadar estrogen akibat kelebihan lemak yang bisa memicu keluarnya dua telur. Namun, obesitas sebelum hamil juga dikaitkan dengan peningkatan risiko komplikasi seperti diabetes gestasional dan preeklamsia.

5. Tinggi

Wanita yang lebih tinggi, dengan tinggi rata-rata sekitar 5 kaki 4,8 inci, memiliki kemungkinan lebih besar untuk hamil kembar. Namun, kemungkinannya tidak sebesar wanita gemuk. Selain itu, wanita yang lebih tinggi dan hamil anak kembar memiliki risiko kelahiran prematur yang lebih rendah. 

6. Ras

Insiden kelahiran kembar terjadi di berbagai negara; Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelahiran kembar sangat tinggi di Nigeria dan sebagian besar negara-negara Afrika Tengah dengan 18 per 1000 kelahiran dibandingkan dengan negara-negara seperti Cina, Thailand, Vietnam, India dan Nepal di mana tingkat kelahiran kembar di bawah 9 per 1000 kelahiran.

7. Menyusui

Tidak banyak penelitian yang mendukung fakta bahwa menyusui dapat meningkatkan kemungkinan hamil anak kembar. Ini karena selama menyusui, hormon bernama prolaktin, yang bertanggung jawab untuk produksi susu, meningkat di dalam tubuh, yang juga diketahui merusak fungsi ovarium dan mencegah pembuahan dini. Namun, beberapa penelitian menyebutkan bahwa wanita yang hamil saat menyusui memiliki lebih banyak peluang untuk hamil dengan anak kembar dibandingkan dengan wanita yang tidak menyusui.

8. Suplemen

Asam folat dan vitamin adalah dua nutrisi penting yang dibutuhkan oleh wanita hamil untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang tepat dan untuk meningkatkan kesehatan ibu. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa suplemen yang tinggi asam folat dan multivitamin dapat sedikit meningkatkan kejadian kehamilan kembar dibandingkan wanita yang tidak menerima suplemen tersebut.

9. Diet

Nutrisi bisa menjadi salah satu faktor penting untuk konsepsi anak kembar. Makanan tertentu seperti susu, kedelai, dan ikan terkait dengan peningkatan kesuburan pria dan wanita. Konsumsi makanan tersebut menurut beberapa penelitian dapat meningkatkan kemungkinan kehamilan kembar. Namun, mengonsumsi makanan ini tidak berarti Anda pasti akan mengandung anak kembar. Ini hanya berarti bahwa kemungkinan terjadinya konsepsi kembar mungkin menjadi tinggi, dengan mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti riwayat keluarga dan tinggi badan, berat badan dan usia ibu. 

10. Teknologi Reproduksi Berbantuan

Wanita yang menjalani metode perawatan kesuburan karena masalah kesuburan memiliki peluang lebih besar untuk melahirkan anak kembar. Metode ini tidak berdasarkan faktor alam tetapi cara terencana untuk hamil anak kembar. Beberapa metode ini meliputi: Obat perangsang ovulasi: Wanita yang menggunakan obat perangsang ovulasi tertentu atau obat kesuburan seperti klomifen sitrat dan gonadotrofin mengalami peningkatan kejadian kembar dibandingkan dengan wanita yang tidak menggunakan obat ini. Obat-obatan ini cenderung untuk merangsang ovarium dan menyebabkan konsepsi kembar.

IVF: Ini mengacu pada metode fertilisasi in-vitro di mana telur dan sperma dibuahi di luar tubuh dan kemudian dipindahkan ke rahim untuk pertumbuhan lebih lanjut. Permintaan untuk kehamilan kembar melalui IVF meningkat karena kehamilan bayi tabung tunggal membawa lebih banyak risiko daripada kehamilan tunggal yang dikandung secara alami sementara kehamilan kembar melalui IVF membawa risiko yang lebih rendah dibandingkan dengan kehamilan kembar yang dikandung secara alami. 

Injeksi sperma intrasitoplasma (ICSI): Ini adalah metode di mana satu sperma disuntikkan secara intravena langsung ke dalam sel telur, dalam kondisi ketika lapisan luar telur terlalu tebal atau sulit untuk ditembus sperma. Manfaat Diet Indeks Glikemik Rendah (GI) Untuk Penderita Diabetes

11. Herbal kesuburan

Tanaman tertentu dapat meningkatkan suplai darah ke jaringan reproduksi, meningkatkan fungsi ovarium dan meningkatkan kesuburan dan ovulasi yang mengarah ke kehamilan kembar. Beberapa tumbuhan ini meliputi: Pohon suci atau Vitex agnus castus: Pohon ini dikenal luas untuk meningkatkan masalah kesuburan dan meningkatkan peluang pembuahan. Sebuah penelitian berbicara tentang pelepasan tiga telur pada wanita yang menjalani perawatan IVF dan telah meminum jamu ini pada siklus perawatan IVF keempat.

Akar maca: Akar maca adalah pengobatan Peru yang umum untuk kesuburan yang diyakini secara drastis meningkatkan peluang seseorang untuk hamil anak kembar. Namun, ada beberapa efek samping umum yang mungkin muncul bersamaan dengan akar Maca seperti perubahan suasana hati yang drastis.

Minyak bunga evening primrose: Minyak ini terkenal karena efek khususnya dalam mengatasi penyakit wanita, termasuk masalah kesuburan. Minyak evening primrose meningkatkan fungsi reproduksi wanita secara keseluruhan dan dapat meningkatkan kemungkinan kehamilan kembar.

Catatan: Obat-obatan herbal tidak boleh dianggap sebagai satu-satunya cara yang tepat untuk mengandung anak kembar. Juga, mereka harus diambil hanya setelah diresepkan oleh ahli medis karena dapat menyebabkan efek samping. Daftar Bunga Yang Bisa Dimakan Dengan Khasiat Kesehatan Yang Luar Biasa

12. Posisi bercinta

Tidak banyak penelitian yang meluruskan hipotesis hamil anak kembar karena posisi seks tertentu. Namun, beberapa posisi seks dapat menyebabkan penetrasi yang lebih baik, peningkatan ovulasi dan dengan demikian meningkatkan kemungkinan kehamilan kembar. Mereka adalah: Posisi misionaris: Ini adalah posisi man-on-top. Posisi ini membantu sperma untuk berenang secara alami menuju sel telur karena pengaruh gravitasi dan meningkatkan kemungkinan kembar.

Posisi seks entri belakang: Ini termasuk posisi seks seperti doggy-style di mana seorang pria melakukan penetrasi dari belakang wanita; posisi ini menyebabkan penetrasi lebih dalam. Namun, tidak ada studi berbasis bukti untuk mendukung klaim tersebut. Posisi menggunting: Posisi ini ditandai dengan pria dan wanita saling berhadapan dengan kaki diposisikan sebagai gunting atau salib. Posisi tersebut juga menyebabkan penetrasi yang dalam dan meningkatkan kontraksi uterus sehingga sperma dapat dengan mudah melakukan perjalanan ke sel telur.

Untuk Disimpulkan Peluang memiliki anak kembar tidak tergantung hanya pada salah satu faktor yang disebutkan di atas tetapi banyak faktor yang digabungkan. Juga, kita harus ingat bahwa beberapa orang mengandung anak kembar tanpa salah satu faktor di atas sementara yang lain menghadapi kesulitan bahkan memiliki dua atau lebih faktor di atas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro