Petugas mengambil sampel lendir saat Tes PCR di Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) Undip Semarang, Rabu (22/4/2020). Foto: Istimewa
Health

Penting!, Ini 3 Kriteria Pasien Covid-19 Dinyatakan Sembuh

Janlika Putri Indah Sari
Senin, 1 Maret 2021 - 14:03
Bagikan

Bisnis.com,JAKARTA - Jumlah pasien Covid-19 di Indonesia semakin meningkat saat ini. Namun, sejalan dengan itu pasien sembuh juga bertambah.

Berdasarkan data pemerintah RI sebanyak 85,6 persen pasien sembuh pada Minggu (28/1/2021).

Seseorang bisa dinyatakan sembuh dari Covid-19 apabila telah memenuhi beberapa kriteria.

Menurut Jaka Pradipta Sp.P, Dokter Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi (Paru) ada tiga kriteria yang menyatakan seseorang sembuh dari Covid-19.

"Semenjak WHO mengumumkan pasien Covid-19 tidak perlu swab tes ulang maka saat ini untuk menyatakan sembuhnya pasien apabila melewati tiga kriteria," kata Jaka secara virtual.

Pertama , hilangnya gejala seperti demam, pusing dan batuk apabila pasien tidak mengkonsumsi obat.

Kedua, pasien telah menyelesaikan fase isolasi minimal 10 hari. Lalu 3 hari tanpa gejala.

"Jadi apabila di hari ke 9 atau hari 10 pasien masih memiliki gejala-gejala, maka masa isolasi ditambah kembali 3 hari," tambah Jaka.

Kemudian kriteria yang ketiga , ialah jangan berpatokan pada hasil CT Value. CT value merupakan diagnosis untuk materi genetik virus dari sampel lendir atau hasil swab pasien.

"CT Value itu merupakan dapur bagi orang kedokteran. Hasil dari CT value akan selalu mendeteksi keberadaan virus paling kecil dalam tubuh. Jadi tidak bisa dijadikan tolok ukur pasien sembuh atau tidak," papar dokter spesialis paru itu.

Bila sudah melewati semua kriteria tersebut. Pasien mutlak dinyatakan sembuh dari Covid-19 dan bisa beraktivitas seperti semula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro