Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Belum 2 Tahun, Disney Plus Berhasil Gaet 100 Juta Pelanggan

Layanan streaming Disney+ atau Disney Plus telah memiliki lebih dari 100 juta pelanggan sejak pertama kali dirilis pada November 2019. Perkembangan yang sangat cepat dalam waktu singkat.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 10 Maret 2021  |  12:54 WIB
Belum 2 Tahun, Disney Plus Berhasil Gaet 100 Juta Pelanggan
Disney Hotstar adalah layanan streaming yang didedikasikan untuk menayangkan film-film hit mancanegara dan lokal terbesar, semuanya di satu tempat. - Disney+ Hotstar
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Layanan streaming Disney+ atau Disney Plus telah memiliki lebih dari 100 juta pelanggan sejak pertama kali dirilis pada November 2019. Perkembangan yang sangat cepat dalam waktu singkat.

Hal tersebut diumumkan langsung oleh CEO Disney Bob Chapek. Perusahaan terakhir melaporkan bahwa Disney Plus telah memiliki 94,9 juta pelanggan pada pertengahan Februari, dan angkanya terus naik.

“Kesuksesan besar Disney+ telah menginspirasi kami untuk menjadi lebih ambisius dan secara signifikan meningkatkan investasi kami dalam pengembangan konten berkualitas tinggi,” katanya seperti dikutip Deadline, Rabu (10/3/2021).

Dia menambahkan perusahaan menargetkan lebih dari 100 judul konten baru per tahun yang mencakup Disney Animation, Disney Live Action, Marvel, Star Wars, dan National Geographic. Belum lagi, konten-konten lokal dari setiap wilayah.

“Bisnis langsung ke konsumen adalah prioritas utama perusahaan dan saluran konten kami yang kuat akan terus mendorong pertumbuhannya,” imbuh Chapek.

Sebagai perbandingan, angka tersebut memang kalah dibandingkan jumlah pelanggan raksasa platform streaming Netflix, yang pada tahun lalu memiliki lebih dari 200 juta pelanggan global. Dua kali lebih banyak dari pengguna Disney Plus.

Akan tetapi, bila dilihat dengan cara lain, Netflix memasuki bisnis streaming sejak 13 tahun lalu dan membutuhkan waktu sekitar 1 dekade untuk mencapai angka 100 juta pelanggan. Sementara, Disney Plus baru diluncurkan sekitar 16 bulan yang lalu.

Disney Plus telah terbukti menjadi contoh kesuksesan yang menonjol dalam industri streaming video, di tengah persaingan yang sangat ketat. Perusahaan media besar dan perusahaan teknologi banyak yang merilis platform serupa.

Namun, pertumbuhan Disney jauh melampaui semua pesaing baru termasuk Apple, Home Box Office (HBO), NBCUniversal, Discovery, dan yang lainnya. Seorang analis menyebut Disney Plus sebagai salah satu peluncuran produk terbesar sepanjang masa.

Popularitas platform streaming itu juga melampaui prediksi awal Disney. Perusahaan pertama kali memproyeksikan bahwa Disney Plus akan menjangkau sekitar 90 juta pelanggan dalam 5 tahun setelah peluncurannya. Tapi tercapai hanya dalam waktu kurang dari 2 tahun.

Saat ini, sejumlah analis memperkirakan bahwa layanan streaming besutan Disney itu bakal memiliki sekitar 230 juta hingga 260 juta pelanggan global pada saat layanan tersebut berusia 5 tahun, tepatnya pada akhir 2024 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

streaming Disney World
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top