Ilustrasi sesak napas
Health

5-20 Persen Pasien Alami Long Covid-19, Apa Saja Gejala & Keluhannya?

Fitri Sartina Dewi
Sabtu, 13 Maret 2021 - 14:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa pasien penyintas Covid-19 ada yang mengalami gejala sakit berkepanjangan meski sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Gejala itu biasa dikenal dengan sebutan Long Covid-19.

Sebagai penyakit yang terbilang baru, Covid-19 memang masih menyimpan banyak misteri, termasuk dampak jangka panjang yang dialami oleh para penyintasnya.

Komite Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) mencatat sekitar 5 - 20 persen pasien mengalami gejala Long Covid-19 lebih dari 4 minggu. Diperkirakan 1 tiap 10 pasien Covid-19 dapat mengalaminya hingga lebih dari 12 minggu.

"Penderita Long Covid-19 tidak akan menularkan gejala yang sama ataupun virus kepada orang di sekitarnya," tulis KPCPEN melalui akun Instagram @lawancovid19_id, Minggu (13/3/2021).

Adapun, saat ini Long Covid-19 masih terus diteliti untuk memantau perkembangannya. Lantas, apa saja gejala atau keluhan Long Covid-19?

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melaporkan ada sekitar 17 gejala Long Covid-19 yaitu kelupaan, sakit kepala, kelelahan, batuk terus menerus, depresi, timnitus (telinga berdenging), kehilangan penciuman.

Selain itu, ada juga yang mengalami gejala sesak napas, perdagangan jantung, nyeri dada, demam berulang, diare, palpitasi (jantung berdebar cepat atau kencang), nyeri otot, sakit perut, kesemutan, ruam.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro