Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kontroversi Meghan-Harry, Ratu Elizabeth Diminta Pecat Pembantu Kerajaan

Pernyataan Meghan Markle dan Pangeran Harry dalam wawancaranya dengan Oprah Winfrey pada pekan lalu masih menuai polemik.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 15 Maret 2021  |  14:36 WIB
Wawancara Khusus CBS Oprah with Meghan and Harry.  - Bloomberg
Wawancara Khusus CBS Oprah with Meghan and Harry. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Pernyataan Meghan Markle dan Pangeran Harry dalam wawancaranya dengan Oprah Winfrey pada pekan lalu masih menuai polemik.

Bahkan, hal ini berujung pada permintaan agar pembantu kerajaan yang membuat tanggapan Ratu Elizabeth beberapa waktu lalu, dipecat dari jabatannya.

Permintaan itu datang dari aktivis dan pengacara NYC, Shola Mos-Shogbamimu menilai tanggapan resmi dari keluarga kerajaan tersebut tidak cukup baik. Shola mengatakan tidak dapat diterima bagi Ratu untuk meninggalkan tuduhan rasisme sebagai masalah keluarga pribadi.

"Siapa pun yang menulis pernyataan sstana harus dipecat," ujarnya dikutip dari Express UK, Senin (15/3/2021).

Dua hari setelah wawancara Meghan dan Harry ditayangkan di AS, Istana Buckingham merilis pernyataan singkat atas nama Ratu. Pernyataan itu berbunyi bahwa seluruh keluarga sedih mengetahui betapa menantang beberapa tahun terakhir ini bagi Harry dan Meghan. Isu yang diangkat, khususnya ras, sangat memprihatinkan.

Dikatakan pula, meskipun beberapa ingatan mungkin berbeda, ingatan itu ditanggapi dengan sangat serius dan akan ditangani oleh keluarga secara pribadi. Disebut dalam pernyataan itu, Harry, Meghan, dan Archie akan selalu menjadi anggota keluarga yang sangat dicintai.

"Bagaimana bisa mereka membuat pernyataan seperti itu?" singgung Shola.

Dia mengatakan tidak hanya menyulut seluruh bangsa bahwa pengalaman Meghan tentang rasisme berbeda-beda menurut ingatannya, tetapi pernyataan itu mencoba untuk menghentikan penghapusan publik dan membebaskan monarki dari kewajibannya untuk bertanggung jawab kepada rakyat Inggris.

"Referensi ras sebagai 'mengkhawatirkan', nonsense egois! Saya tidak tahu siapa yang menulis pesan itu untuk Ratu tetapi orang itu harus dipecat," tegas Shola.

Menurutnya tidak dapat diterima jika masalah ini dibiarkan sebagai masalah keluarga. Dia berpendapat tanggapan itu seperti lelucon. "Apakah mereka secara jujur menganggap ini dapat diterima? Seolah-olah mereka hidup dalam lingkaran pribadi mereka sendiri," tutup Shola.

Dalam wawancara dengan Oprah Winfrey, Duke dan Duchess of Sussex mengeluarkan pernyataan yang cukup mencengangkan. Pasangan itu mengaku ada perbincangan soal warna kulit Archie sebelum anak itu lahir. Meghan juga memberi tahu Oprah bahwa masalah kesehatan mentalnya belum ditangani.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ratu elizabeth kerajaan inggris pangeran harry dan meghan markle
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top