Sunao Manabe, Representative Director, President and CEO Daiichi Sankyo. /DaiichiSankyo
Health

Vaksin Covid-19 Buatan Jepang Akhirnya Masuk Tahap Uji Klinis

Rezha Hadyan
Selasa, 23 Maret 2021 - 19:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah perusahaan farmasi di Jepang diketahui tengah melakukan uji klinis vaksin Covid-19 yang mereka kembangkan.

Melansir Perusahaan Penyiaran Jepang (Nippon Hoso Kyokai/NHK) pada Selasa (23/1/2021), sejauh ini dua perusahaan farmasi Jepang, yakni Daiichi Sankyo dan KM Biologics memulai uji klinis atas vaksin virus coronanya.

Daiichi Sankyo mengungkapkan bahwa sejumlah 152 orang dewasa yang sehat ikut serta dalam uji klinis tersebut. Dikatakan bahwa para peneliti akan memeriksa keamanan vaksin, apakah antibodi terbentuk, serta mencoba menentukan dosis yang direkomendasikan.

Vaksin yang diproduksi Daiichi Sankyo merupakan tipe yang sama dengan vaksin Pfizer yang menggunakan mRNA. Penyuntikan vaksin Pfizer tengah berlangsung di Jepang.

Sementara itu, KM Biologics juga memulai uji klinis atas vaksinnya dengan melibatkan 210 orang dewasa yang sehat. Perusahaan ini memproduksi vaksin dengan virus yang dinonaktifkan, tipe yang sama dengan vaksin influenza.

Kementerian Kesehatan Jepang mengungkapkan bahwa kedua perusahaan tersebut menjadi perusahaan ketiga dan keempat yang menjalankan uji klinis semacam itu dengan vaksin yang dikembangkan di dalam negeri, menyusul Shionogi dan AnGes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro