Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin Covid-19 untuk warga lanjut usia (lansia) secara drive thru di halaman GOR Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (17/3/2021). /ANTARA
Health

Apkasi Percepat Vaksinasi di Seluruh Kabupaten, Begini Strateginya

Dewi Andriani
Sabtu, 27 Maret 2021 - 13:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Program vaksinasi Covid-19 saat ini tengah bergulir. Pemerintah terus mempercepat pelaksanaan vaksinasi dengan target 70 persen dari total penduduk Indonesia mendapat suntikan vaksinasi Covid-19 pada akhir tahun ini.

Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia berkomitmen untuk ikut menyukseskan target pemerintah tersebut dengan mempercepat program vaksinasi di seluruh kabupaten di Indonesia.

Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Ketua Umum Apkasi mengatakan dengan adanya percepatan vaksinasi ini juga dapat mendorong pemulihan ekonomi yang juga menjadi prioritas pemerintah kabupaten kota.

“Kita masih akan fokus dalam penanganan pandemi Covid-19 yang belum berakhir, dengan memperkuat testing, tracing, dan treatment. Dan yang juga amat penting adalah mempercepat program vaksinasi di seluruh kabupaten di Indonesia,” ujarnya, dalam keterangan yang diterima Bisnis, Sabtu (27/3/2021).

Menurutnya, pemerintah kebupaten kota juga akan terus mendorong pemulihan ekonomi daerah melalui program padat karya dan UMKM, memberikan pelayanan yang baik dan mudah, serta serta mendorong tumbuhnya ekspor dan masuknya investasi ke daerah.

Dalam kepengurusan Apkasi yang baru ini, pihaknya juga telah membuat program-program kerja sesuai amanat Presiden Jokowi saat membuka Munas V Apkasi 2021 guna mendongkrak pertumbuhan pembangunan kabupaten dan koneksi antardaerah.

“Ada berbagai program yang dapat dilakukan, terutama memastikan konsolidasi anggaran di pemerintahan agar dapat dipergunakan semaksimal mungkin,” tuturnya.

Di samping itu, pemerintah kabupaten juga mesti melakukan perencanaan yang matang, sejalan dengan rencana Apkasi membangun cetak biru pembangunan kabupaten yang memetakan permasalahan dan potensi agar perencanaan pembangunan matang terlaksana.

Sutan Riska Tuanku Kerajaan baru saja terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum Apkasi pada perhelatan Musyawarah Nasional (Munas) V Apkasi dan dikukuhkan langsung oleh Mendagri Tito Karnavian di Hotel Kempinski Jakarta, Jumat sore (26/3/2021).

Dengan demikian Sutan Riska yang juga Bupati Dharmasraya ini akan menjadi nahkoda baru Apkasi masa bhakti 2021-2026.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro