Sakit kepala/raleighmidtownchiropractic.com
Health

Daftar Makanan Pemicu dan Pencegah Migren

Mia Chitra Dinisari
Senin, 29 Maret 2021 - 17:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagian besar dari kita mengalami sakit kepala sesekali.

Faktanya, hingga 75 persen dari orang-orang yang berusia antara 18 dan 65 tahun dilaporkan mengalami sakit kepala selama setahun. Lebih dari 30 persen orang dewasa tersebut dilaporkan mengalami migrain.

Migrain seringkali berlangsung lebih lama dan memiliki lebih banyak efek fisik daripada sakit kepala biasa.

Siapa pun yang pernah mengalami migrain tahu bahwa itu sangat berbeda dengan sakit kepala biasa. Ini karena intensitas nyeri lebih besar, dan disertai dengan beberapa gejala lain yang melemahkan.

Migrain adalah sakit kepala yang parah, biasanya di satu sisi kepala dan sering disertai rasa mual atau kepekaan terhadap cahaya. Ini karena perubahan sementara pada konduksi saraf di dalam otak. Migrain menyebabkan perubahan inflamasi pada sel saraf yang menimbulkan rasa sakit.

Sebelum migrain dimulai, beberapa orang mungkin melihat kilatan cahaya atau mengalami kesemutan di anggota badan. Kilatan ini disebut aura. Orang lain melaporkan mengidam makanan tertentu, mudah tersinggung, atau perasaan depresi sebelum migrain menyerang.

Setelah migrain dimulai, Anda mungkin sangat sensitif terhadap suara atau cahaya. Anda mungkin juga merasa mual dan muntah. Nyeri ini dan gejala yang menyertainya dapat berlangsung dari beberapa jam hingga beberapa hari.

Studi dan penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengubah pola makan Anda dapat membantu mengurangi kemungkinan mengalami migrain. Perubahan pola makan tertentu juga dapat mengurangi frekuensi migrain Anda. Teruslah membaca untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara kerjanya dan apa yang harus atau tidak boleh Anda makan.

Makanan apa yang baik untuk migrain

Memperhatikan diet Anda adalah salah satu pertahanan terbaik terhadap migrain. Anda harus bekerja untuk memasukkan makanan pencegahan ke dalam makanan Anda dan membatasi makanan yang memicu migrain.

Makanan alami utuh yang tidak memiliki pengawet atau perasa buatan adalah awal yang baik untuk memperbaiki pola makan Anda.

Sebuah penelitian kecil terhadap 42 orang dewasa menemukan bahwa makan pola makan vegan atau menghilangkan pemicu pola makan yang mungkin dapat bermanfaat bagi penderita migrain.

Menurut Komite Dokter untuk Pengobatan yang Bertanggung Jawab (PCRM), yang mempromosikan pola makan nabati sebagai cara untuk meningkatkan kesehatan An

The American Migraine Foundation dan Association of Migraine Disorders mengklasifikasikan beberapa daging segar, unggas, dan ikan sebagai makanan yang aman untuk migrain. Kuncinya adalah menghindari versi yang diproses, dihisap, atau dibuat dengan pelunak dan kaldu.

The American Migraine Foundation juga menyatakan bahwa vitamin B-2, atau riboflavin, dapat membantu mengurangi frekuensi migrain Anda. Vitamin B-2 dapat ditemukan pada produk hewani seperti salmon dan daging merah. Itu juga ada dalam biji-bijian dan jamur.

Pemicu migrain:

1. Wanita yang mengalami penurunan estrogen saat menstruasi atau selama kehamilan mungkin mengalami migrain karena fluktuasi hormonal.

2. Makanan yang banyak mengandung natrium, serta makanan dengan zat tambahan seperti monosodium glutamat (MSG) atau pemanis buatan seperti aspartam, juga bisa menyebabkan migrain.

3. Pemicu migrain lainnya dapat meliputi:

4. Stres

5. Konsumsi alkohol

6. Perubahan cuaca

7. Perubahan kebiasaan tidur

8. Obat-obatan tertentu

Makanan apa yang bisa memicu migrain?

Membatasi jumlah makanan pemicu dalam diet Anda atau bahkan mematuhi kebijakan penghindaran yang ketat dapat menurunkan frekuensi migrain Anda. Aditif makanan dan makanan olahan secara luas dianggap sebagai pemicu migrain yang umum.

Makanan atau aditif lain yang mungkin memicu termasuk:

1. Telur
2. Tomat
3. Bawang
4. Produk susu
5. Gandum, termasuk produk pasta dan roti
6. Buah sitrus
7. Nitrit ditemukan dalam makanan
8. Alkohol, terutama anggur merah
9. Kafein
10. Aditif makanan, seperti MSG
11. Aspartam
12. Cokelat
13. Keju tua
14. Kacang-kacangan

Anda harus mempertimbangkan untuk membuat buku harian makanan untuk melacak apa yang Anda makan dan minum, serta bagaimana perasaan Anda sesudahnya. Ini dapat membantu Anda atau dokter Anda mengisolasi makanan atau bahan tertentu yang dapat memicu migrain Anda.

Anda juga dapat memulai uji coba diet aman rasa sakit selama dua minggu. Selama waktu ini, Anda sebaiknya hanya memilih makanan atau minuman dari daftar "aman" dan menghindari makanan yang dianggap pemicu umum. Selama waktu ini, Anda harus memperhatikan frekuensi dan tingkat keparahan migrain Anda.

Setelah dua minggu berlalu, masukkan kembali makanan lain secara perlahan ke dalam pola makan Anda. Ini bisa memberi tahu Anda apa yang mungkin menjadi pemicu makanan Anda.

Diet ketogenik, yang merupakan diet tinggi lemak, rendah karbohidrat, dan kaya protein, telah dikreditkan untuk menghilangkan rasa sakit yang terkait dengan beberapa gangguan neurologis. Beberapa penelitian menemukan bahwa ini mungkin salah satu cara diet untuk mencoba meredakan migrain.

Jika Anda ingin segera meredakan nyeri migrain, Anda harus minum obat pereda nyeri yang dijual bebas (OTC) atau bersantai di ruangan dengan sedikit atau tanpa cahaya jika memungkinkan.

Anda juga dapat mencoba menghilangkan gejala mual atau pusing dengan menyesap air atau minuman berisi elektrolit, seperti minuman olahraga. Makan biskuit kering atau makanan lain dengan sedikit bau juga dapat membantu.

Jika rasa sakit terus berlanjut, dokter Anda mungkin dapat meresepkan obat yang dapat membantu mengurangi intensitas atau frekuensi migrain Anda.

Jika ada makanan pemicu migren, maka ada juga makanan untuk mencegah migren berikut ini:

1. Sayuran berwarna oranye, kuning, dan hijau, seperti labu kuning, ubi jalar, wortel, dan bayam
2. Air berkarbonasi, mata air, atau air ledeng
3. Beras, terutama beras merah
4. Buah-buahan yang dikeringkan atau dimasak, terutama jenis non-jeruk seperti ceri dan cranberry
5. Pemanis atau perasa alami, seperti sirup maple dan ekstrak vanili

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro