Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

3 Gejala Serangan Jantung yang Muncul Mendadak

Gumpalan darah ini menghalangi arteri koroner yang menyebabkan otot-otot jantung kekurangan oksigen dan darah sehingga menyebabkan serangan jantung.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 06 April 2021  |  15:39 WIB
Serangan jantung
Serangan jantung

Bisnis.com, JAKARTA - Serangan jantung terjadi ketika arteri ke jantung tersumbat total dan aliran darah ke bagian jantung berhenti. Hal ini menyebabkan jantung kekurangan oksigen dan sebagian otot jantung mulai mati.

Gumpalan darah ini menghalangi arteri koroner yang menyebabkan otot-otot jantung kekurangan oksigen dan darah sehingga menyebabkan serangan jantung.

Meskipun gejala serangan jantung bervariasi dari satu orang ke orang lain, menurut British Heart Foundation, berikut adalah tiga tanda serangan jantung mendadak yang paling umum seperti dilansir dari express:

1. Nyeri atau ketidaknyamanan di dada yang tiba-tiba muncul dan tidak kunjung hilang.

2. Nyeri yang mungkin menyebar ke lengan kiri atau kanan, atau ke leher, rahang, punggung, atau perut. Bagi beberapa orang rasa sakit atau sesak itu parah, sementara orang lain hanya merasa tidak nyaman.

3. Merasa mual, berkeringat, pusing atau sesak napas.

“Serangan jantung mungkin terjadi tanpa mengalami gejala di atas atau nyeri dada 'klasik'. Ini lebih sering terjadi pada orang tua, wanita, atau mereka yang menderita diabetes karena kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan saraf yang dapat memengaruhi perasaan nyeri," jelas situs kesehatan tersebut," ujar mereka.

Kebanyakan serangan jantung melibatkan ketidaknyamanan di bagian tengah dada yang berlangsung lebih dari beberapa menit, atau mungkin hilang dan kemudian kembali lagi.

Ini bisa terasa seperti tekanan tidak nyaman, meremas, penuh atau nyeri.

Tanda dan gejala serangan jantung umum lainnya termasuk tekanan, sesak, nyeri, atau sensasi meremas atau sakit di dada atau lengan yang dapat menyebar ke leher, rahang, atau punggung.

Mual, gangguan pencernaan, mulas atau sakit perut juga dapat terjadi.

The British Heart Foundation membahas apa yang harus Anda lakukan jika Anda mencurigai Anda mengalami serangan jantung dan berkata: “Hal pertama yang harus dilakukan jika Anda merasa mengalami serangan jantung adalah segera menelepon 999 untuk mendapatkan ambulans.

"Jangan khawatir jika Anda tidak sepenuhnya yakin apakah gejala Anda adalah serangan jantung, penting bagi Anda untuk mencari pertolongan medis. "Jika Anda mengalami serangan jantung, Anda harus duduk dan tetap tenang. Minumlah 300mg aspirin jika Anda memilikinya dan tunggu paramedis.” tambah mereka.

Pengobatan

Menurut NHS, pilihan pengobatan untuk serangan jantung bergantung pada apakah Anda pernah mengalami infark miokard elevasi segmen ST (STEMI), atau jenis serangan jantung lainnya.

“STEMI adalah bentuk serangan jantung yang paling serius dan membutuhkan penilaian dan perawatan darurat. Sangat penting Anda dirawat dengan cepat untuk meminimalkan kerusakan pada jantung Anda, ”memperingatkan kesehatan tubuh.

Untungnya, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menangkal ancaman serangan jantung. Misalnya, merokok merupakan faktor risiko yang signifikan.

Menurut American Heart Association, risiko perokok terkena penyakit jantung koroner jauh lebih tinggi dibandingkan non-perokok.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

serangan jantung sakit jantung
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top